Friday, February 15, 2008

Jangan lupa yaa...:-)

Sebenernya ini topik saru, 17 taon keatas. Tapi hmm gimana ya, ada hikmahnya juga, ada lucunya juga buat seger-segeran hehe. Jadi  biar aman, untuk yang belom merid mending ga usah baca deh :-), laah mesti malah bikin penasaran dong. Ya wes, sapapun bole baca, tapi akibatnya tanggung sendiri ye :-) Dan sebenarnya aku sempat berpikir beberapa kali sebelum mempublish tulisan ini, kuatir terlalu saru hehe. Tapi dasar aku cuek, dari jaman kuliah juga udah biasa menghadapi yang saru-saru ya wes lah hehe. Semoga manfaat dari pesan yang kutulis lebih banyak ketimbang mudharatnya.

Ceritanya gini, tadi siang, biasa deh aku lagi 'kencan' sama si kompi. Berhubung hari ini Jumat, Lala belum pulang sekolah karena pulangnya jam 3 sore, sedangkan malik pulang jam 12 siang. Naa pasti nih kalo Malik sendirian, maunya deket-deket aku terus, kalo pun dia maen sendiri juga mesti deket-deket aku. Aku pikir dia lagi asik main lego di deket tempat tidur, jadi aku pun asik masyuk aja di belakang meja sama si kompi. Eeh ga lama, tiba-tiba dia tanya gini,"Ini apa Bun?"

"Mm apa ya...bentar ya Say."Aku ngomong sambil mata masih liat kompi (hii dasar addict  sama si kompi). Lalu ga lama, aku palingkanlah wajahku ke Malik biar aku bisa jawab pertanyaannya. Dan ternyata....OMG! What?! Koq bisa? @#$%^&! Hatiku langsung campur aduk ga keruan antara mau ketawa, malu, bingung dan laen-laen.

Pemandangan apa yang tampak di depan mataku gerangan ?Huhuhu anak lelakiku yang berumur 6 tahun itu lagi megangin si K***** (alat kontrasepsi itu loh) dengan seksama di depan matanya! Bukan cuma itu, si Mr K itu dipegang-pegang dan dimaininnya pulak! Ayyaya..gawat ga seh! Aku langsung nyadar, ya ampuuun suamiku lupa membuangnya ketempat sampah! Glek!

Habis nyadar gitu aku langsung bingung dong mau jawab gimana.Sambil mikir mencari jawaban yang pas, aku langsung menghampiri Malik dengan belagak cool dan mengambil si K itu dari tangannya, lalu aku buang lah benda itu. Tadinya aku mau ngeles biar cepet, tapi langsung inget materi seminar 'bicara seks pada anak', kejadian ini kan blessing in disguise sebenernya, golden oportunity gitu lho, kejadian langka! Untung sejak ikut seminar itu aku udah cukup sering mempraktekannya, jadi aku bisa tetep ga panik (ehm). Walaupun sebenernya kebat kebit juga nih hati, kasus beginian belom pernah aku alami soalnya hehe. Jadi pelajaran untuk don't be panic, inget KISS (Keep Information Short and Simple), dan jangan bohongi anak, syukurnya masih nempel di kepala aku. Aku langsung jujur  aja ngejawab pertanyan Malik dengan sok cool, ciee :-).

"Itu namanya  K***** Sayang."

"K***** itu apa?" Malik bales tanya.

"Itu untuk yang sudah menikah." Aku jawab sambil berharap Aik ga tanya lagi. Tapi mana mungkin dong ah. Buktinya dia langsung nyaut.

"Kalo sudah menikah untuk apa? Dimakan? Diminum?" tanya Aik sambil memandangku penuh ingin tahu.

Haa? Dimakan? Diminum? Huahaha dalam hati aku langsung ngakak-ngakak. Tapi aku tau banget adatnya Aik, dia bisa marah kalo aku ketawa, disangkanya aku ngetawain dia hehe. Jadi aku cuma senyam senyum aja nahan tawa, padahal udah ga kuat banget pengen ngakak hahaha.

"Itu untuk biar kalo udah menikah ga punya anak banyak Ik. Namanya KB, aik tau KB?" Berhubung bingung mau jawab apa akhirnya jawaban itu lah yang keluar dari kepalaku.

"Ndak." Geleng Aik.

"KB itu keluarga berencana Ik. Jadi biar yang sudah menikah, anaknya ga banyak-banyak. KB itu bisa disuntik di lengan, bisa minum pil, bisa pake K***** juga."  Sambil ngejawab gitu, aku sambil H2C, berharap supaya Aik ga tanya yang susah lagi. Lalu aku mbatin...duuh aku ngomong apa nih, tuh anak mesti ga ngerti deh. Ah biarin aja yang penting aku ga bohong deh.Lagian apa yang aku omongin mesti dikit-dikit nempel di otaknya, dan ntar kalo udah gede, dia bisa recall lagi informasi ini dan pasti jadi ngerti nantinya.

Ndilalah Aik nyaut lagi. Sahutannya kali ini bikin aku legaa banget.

"Aik pernah di prik (disuntik) disini," kata Aik sambil nunjuk lengan kanannya.

Phfuuih..plooong banget aku denger pernyataan Aik, pernyataan anak-anak banget kan yang ga nyambung sama topik hehe. Kita aja orang gede yang kadang udah parno duluan, nyangka si anak bakal mikir macem-macem soal 17 taon ke atas, padahal ga bangeed!

Ya begitulah anak-anak, mereka cuma bener-bener ingin tahu. Kalo belum sampe ke uteknya, mesti mereka ga tanya lebih jauh lagi. Aku inget banget, bu Elly Risman waktu kasih seminar itu bilang,  kita harus jawab pertanyaan anak sampe si anak ga bertanya lagi. Dan anak memang ga akan bertanya lagi kalo dia sudah merasa terpuaskan. Bener aja, malik habis itu juga diem ga tanya tanya lagi.

Jadi rugi banget kan kalo tadi aku panik dan langsung ngelarang dia atau menghentikan keingintauan dia. Soalnya, dulu nih, masalah beginian kan tabu dan saru banget. Kalo kejadian itu menimpa aku dulu, kali ibu bapakku langsung bilang gini,"Heh ini punya orang gede, udah ga usah tanya-tanya, nanti aja kalo udah gede," gitu kan biasanya.

Naa kalo gitu ceritanya, gimana si anak ga tambah penasaran? Dan kalo  dia penasaran sementara orangtuanya pun menutup informasi soal ini, wajar dong kalo dia jadi tanya-tanya temen atau ngelirik-lirik internet saru atau buku saru. Dan kalau sudah begitu...hmm kayanya ortunya musti say good bye aja deh sama anaknya soal ini. Artinya....apapun yang dilakukan anak untuk memuaskan rasa keingintahuannya soal seks, ga bakal dia buka ke ortunya. Hiii...aku ga mau kaya gitu ah. Soalnya jaman makin edan jeh, bisa berabeh akibatnye. Mudah-mudahan aku bisa jadi partner diskusi yang baik buat anak-anakku, even soal seks. Mendingan anak tau dari orangtuanya kan daripada dari sumber lain, jadi kita bisa kasih info yang akurat dan sehat.

Soo..pesan moral: Jangan lupa buang sampah pada tempatnya yaa hehehe




74 comments:

  1. duh mba Agnes, TFS ya...kalao aku mungkin dah puanik duluan hihihi....harus banyak belajar niy mbak...

    ReplyDelete
  2. he..he...harus selalu siap dengan pertanyaan seperti ini yah Mbak

    ReplyDelete
  3. ya ampuunn mbak.. itu bekassss??? wiiiii

    ReplyDelete
  4. eh dirimu dah merid blom sih, klo blom akibat tida ditanggung ya hihi

    ReplyDelete
  5. Sama mbaa harus banyak belajar juga dan harus lebih ati2 hehe

    ReplyDelete
  6. iya mba, ini baru yg 'beginian' gimana klo udah yg 'begituan' hehe bingung ga sih :-)

    ReplyDelete
  7. ceroboh banget ya emang mba :-), tapi itu bisa terjadi sama siapa aja kali ya, makanya aku cuek aja publish tulisan ini (setelah mikir bbrpa kali berhubung ini wilayah privacy sebenernya), tp kupikir ini bisa sbg warning biar yg laen jgn sampe ngalami gitu lo mba hehe, inti utama tulisan sebenernya pesan untuk santai aja bicara seks pada anak dan lebih berhati-hati sbg ortu, smoga pesen ini ketangkep ya :-), klo engga wah aku yg gagal nulis nih hehe

    ReplyDelete
  8. TFS dan warningnya mbak :) Tadi sebelum baca jawaban mbak, di kepalaku erkelebat jawaban, " ini karet, mainannya papa" Waduh, kalo jawab gitu malahbingung terusannya ya mbak, padahal model anak2 pasti kalo nanya sampe ke ujung2, hehehe...jadi mesti jawab dengan bijak ya mbak...dicatet.

    ReplyDelete
  9. ha..ha.kebayang kalo yang nemuin-nya agak gedean,
    oya mbak..aku juga akhir-akhir ini sering diserbu pertanyaan "aneh-aneh" dari caca (putriku 11 th) yang mulai tumbuh sesuatu didadanya.
    berari harus sehat dan akurat ya..?

    ReplyDelete
  10. huahaha....makanya...jangan taro-taro barang sembarangan.... tapi bener kok.. kadang anak sebenernya gak mau tau-tau amat, kadang trus dia teralihkan.
    Tio juga gitu....di supermarket kan kondom ditaro di rak deket kasir gak jauh dari permen dong.... pas ada promo kondom fiesta yang warna warni dan rasa buah-buahan dia juga sempet ngomong...bu, ini permen apaan sih, kok Tio blom pernah nyoba....hah...permen?.....waks...yang dia pegang adalah sebungkus kondom fiesta rasa stroberi. saya bilang aja...oh itu bukan permen, tapi alat kb....gak taunya...tio gak nanya-nanya lagi.... cuma.. oh bukan permen...padahal dalam hati aku dah deg-degan, bisi nanya-nanya lagi...

    ReplyDelete
  11. Ha..ha. Aik pinter yach bikin bunda kaget...

    ReplyDelete
  12. hihihi.. lucuu... Kalo Aik udh mulai banyak nanya ya, Mbak... jd ibunya mesti banyak mikir.. kalo Nadin baru bisa nanya "ini apa?", "ini punya siapa?", dan jarang berkelanjutan nanyanya. Dicatet jawabannya, Mbak.. kalo kejadian pada kami suatu saat, tinggal nyontek :D:D:D

    ReplyDelete
  13. Wah, pelajaran buat anak, dan juga buat kita ya Nes...:-)

    ReplyDelete
  14. wah.. pelajaran buat Muhsin jg, Bu Agnes.. walopun msh lama. hehehe (bukan..bukan.. bukan yang 'membuang sampah pada tempatnya', maar 'gimana cara menjawab pertanyaan ke anak". hehehe)
    sekalian mau nanya, kemarin pas sama temen ik, Eka Putri, kita diskusi untuk jawaban apa yang bakal kita berikan kalau anak kita bertanya , "Kenapa aku dilahirkan di dunia, ma en pa?" . Enaknya jawab apa ya, Bunda Agnes?

    *Si Putri jawabnya ngeles ," Tanya Abah aja.." Gludak.

    ReplyDelete
  15. Jadi inget, Rangga udah tau Mr K, gara-gara liat papan iklannya di mana-mana, termasuk yang dekat rumah. Di iklan itu Mr K itu dipake untuk membungkus separoh aneka sayur dan buah yang bentuknya panjang. Jadi dia bilang Mr. K itu untuk bungkus sayur dan buah *gubraks*.

    ReplyDelete
  16. hwaa mba agnes...aku bacanya jadi panik sendiri:p
    alhamdulillah mba agnes masih inget teorinya dan bisa langsung praktekin ya...kalo pada saat panik ga keinget apa2 gimana donk mba? >__<

    ReplyDelete
  17. hahaha..kebayang mun eta barang ketauan na ku daku, pasti daku bakal pasti nyengserikeun da ;)).
    hoo jd githu ya cara nangkis pertanyaan anak2 kalo dah pengen tau soal2 yg 17 th..ga boleh boong yaa..nuhunnya inpona ;))

    ReplyDelete
  18. Ooh, jadi tadi malem toh 'aksi'-nya. Kok bisa sampe lupa membuang si K***** itu ke tempat sampah? :-)

    ReplyDelete
  19. hihihi..belooooommmm..tp ini jd pelajaran berharga bagiku...:)

    ReplyDelete
  20. Hehe bener mba, baiknya jwbnya emang ga bohong, tp dikira-kira yg sederhana untuk usia si anak dan ga ketinggian juga kali ya :-) Selamat mencatat hehe

    ReplyDelete
  21. Bener mba echy, klo ortu yg ngasihin tp malah yang saru ga sehat ya piye juga ya, jgn jgn malah rusak anaknya haha

    ReplyDelete
  22. Yaa namanya juga kecelakaan sus pegimane hehe kapok dah kapok hihi. Haha tio pernah ngalami jg toh, sekarang blum nanya-nanya lebih jauh sus, bentar lagi coba aja, kita mah kudu siap2 deg2an weh pkknanya, da pasti tambah umur aya wae pertanyaan nu aneh2 nu bikin sport jantung hehe

    ReplyDelete
  23. Wuih iya mba me, bikin sport jantung bbrp detik hehe.

    ReplyDelete
  24. Siap siap tina, ga lama lagi mesti welcome to the club deh hihi. Tapi tergantung anaknya juga ya, klo lala ga terlalu kaya malik nanyanya.Malik mah duuh pertanyaannya suka bikin pusiing hehe. Sun buat nadin yaa...rambutnya itu loo ga bisa lupa deh :-)

    ReplyDelete
  25. Bener niez, sekarang jd ati2 banget, suamiku aku omelin hehe

    ReplyDelete
  26. Hehe biasanya emang gitu muhsin, dp pusing mending ngeles, tp klo inget masa depan anak kayanya udah ga jaman lagi ya :-) Soal pertanyaannya, jawabannya bisa macem2, diliat dari sisi agama ato pendidikan seks. Ini pertanyaannya ambigu soalnya. Kita bisa jwb kemana2, tipsnya biar jelas, anaknya ditanya balik,"yg kamu tau apa?" jangan,"kamu tau dari mana?" efeknya bisa beda bgt soalnya. Naa dari situ bisa berangkat jwbnya. Kira2 gitu intinya. Tp klo mau baca yg deket2 soal ini bisa baca disini, tulisanku jadul:
    http://agnes.ismailfahmi.org/node/331

    Btw, dirimu rajin banget deh cari ilmu, 4 jempol buat muhsin! calon bapak yg baik nih, ayo ayo sapa yang mau cari mantu hihi

    ReplyDelete
  27. Hahaha lucu banget sih Rangga, tapi ya salah yang ngiklan lah ya cha, wong anak2 pikirannya masih yg kongkret2 hehe. Ternyata lucu-lucu ya pengalaman anak2 kita soal ini :-)

    ReplyDelete
  28. Hahaha tenang dian..tenang....practise make perfect hehe, awalnya kali gitu ilang semua, lalu dievaluasi aja, lama-lama bisa cool koq, saling mengingatkan aja sama suami :-)

    ReplyDelete
  29. hehehe aku jg dah ga kuat benernya nis, pengen ngakak, tp da malik mah sok ambek mun kita ketawa teh. Iya nis ga bole boong, tp jg ulah tinggi teuing, sederhana weh sesuai umurna, pkkna mah rada lieur oge sih ngajawab nu kieu teh, tp klo ga panik mah sok aya wae ide ngajawabna da.

    ReplyDelete
  30. Hayyaa..ini pertanyaannya teguh sekalee hehe yaa namanya jg accident guh, kapok ah kapok, mas mail udah kuomelin tuh hihi

    ReplyDelete
  31. Sip sip, dicatet ya hehe, didoain smoga segera bisa mempraktekan catetannya haha

    ReplyDelete
  32. hehehe.... mbok di foto gitu Nes wajahmu waktu noleh dan menatap apa yg di tangan Aik, pasti cantiiikkk hihihi... jd inget couple nte yg lalu Enya pernah nanya gini, "bunda, kenapa sih orang inggris (dia nyebut bule itu org inggris) kl tidur suka ga pake baju trus ngobrol2 di bawah selimut? Emang ngapain sih, goyang-goyang gitu sih?" waktu itu karna kaget, instead of jawab pertanyaannya aku malah sibuk interograsi dia, "kakak liat dimana? sama siapa? etc..etc.." kacau dah gw yaaa... sampe skrg blm dibahas lagi nih hehe

    ReplyDelete
  33. penasaran... gara2 tadi pada ngobrolin ini... ternyata eh ternyata... jadi malu juga bacanya hehehehehe ;p
    tapi hebat euy... jawabannya... bisa jadi pelajaran... buat siapa pun... yang pasti adalah... jangan boong... bukan hanya untuk hal ini aja sih :D

    ReplyDelete
  34. ha..ha.. di bilang 17 taon ke atas jadi tambah penasaran. ternyata eh ternyata.....(untung aku dah married...hi..hi..). Thanks teh sharingnya...teorinya mengenai pendidikan seks ini dah punya..tapi blon punya kasusnya...jadi bila terjadi padaku minimal aku bisa nyontek dikit dikit jawabannya....he..he..he.. si teteh mah aya aya wae.....

    ReplyDelete
  35. nah kalu aku dalam keadaan spt itu pasti udah bingung duluan untuk jawabnya nih mbak....ehm....ilmu jawabnya boleh dicontek nih.....jadi takut juga he...he...

    ReplyDelete
  36. wah bisa geger gonjang-ganjing klo difoto Shin hehe. Hihi ternyata Enya pernah bikin panik emaknya toh :-) Ya wes ntar klo kejadian lagi berarti dah lebih siap kan Shin :-)

    ReplyDelete
  37. hayyaa fean, kan dari awal udah diwarning yg blum merid ga bole baca hehe, jd selamat menanggung akibatnya ya hihi Btw, sapa tuh yg pada ngobrolin walaah pasti para bujang dan bujangwati ya hehe, gpp gpp...ilmu yg berguna emang kudu diobrolin hihi

    ReplyDelete
  38. Jd pengen praktek nih ta? dihaja we atuh hahaha. Siap-siap weh mun udah menjelang abg ta, pasti bakal sering praktek tah :-)

    ReplyDelete
  39. ga usah takut mba, justru blessing in disguise ko :-) Smoga contekannya bermanfaat ya :-)

    ReplyDelete
  40. hahahahaha...gitu yah mba :)
    btw, daku udah beli buku parenting guide buat gifted children. Kapan balik ke Indo mba... *tanda tangani bukunya yaaa...please..heheheh
    btw, daku juga jadi sering nonton di TVRI acara dialog bu Elly Risman dengan mba neno Warisman. such an interesting program :)

    ReplyDelete
  41. hehehe iya li begituh :-)
    Halaah tanda tangan opo toh wong aku cuma nyusun koq. Sip2 seneng deh ada yg bersemangat sebelum merid, eh ato udah mau nih, tp blum denger undangannya neh hehe. Soal pulang haduuh ga jelas li bentrok ama duit hehe

    ReplyDelete
  42. beberapa waktu lalu waktu ke kebon binatang, ponakanku ngakak liat dua kura-kura lagi "ajut-ajutan". dia bilang kura2nya lagi pijit. dia nggak kepikir macem2 sih, dan juga nggak nanya ke aku "itu si kura2 lagi ngapain". menurutmu, seharusnya aku gimana ya Nes?

    ReplyDelete
  43. kalo mau pake teorinya bu elly mba, katanya kita musti pake golden oportunity, karena ini saat-saat langka. jadi kayanya klo aku sih bakal tidak membiarkan si ponakan punya pemahaman yang salah dari apa yang dia liat biarpun dia ga tanya. Kali aku bakal bilang gini, itu kura2nya lagi menikah, bukan pijit. Emang habis itu ngeri ya takut dia bertanya lebih jauh mba hehe, cuma ya gitu kali mba emang kudu banyak praktek biar terbiasa keluar jawaban yg pas hehe Yang jelas mah aku yakin anak mah ga bakal nanya terlalu jauh asal kita bisa jawab sesuai umurnya, ya ga sih mba, laaah sok tau bener deh daku padahal si mba mah lebih ahli lah yaw soal per parentingan mah hehe

    ReplyDelete
  44. Hihihi..untung aik ga tanya, "pakenya dimana Bun"gubraks deh...

    ReplyDelete
  45. Gilak lu, Ndro, eh Ismail...
    Keren Nes ceritanya. Bikin ketawa, memperlancar darah.

    ReplyDelete
  46. mbak, seminarnya online kah? Boleh minta file2-nya ga?

    ReplyDelete
  47. wah kebayang wajah agnes merah padam sebentar lalu menjingga,kuning,hijau,biru....hihihi.

    ReplyDelete
  48. duh kebayang deh bingung jawab nya

    ReplyDelete
  49. huehehehe... asli ketawa ngakak saya mbak Agnes:-)
    untungnya si bunda bijak, jd selalu ada hikmah dibalik kecelakaan, hehehe...

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah... selamat sampai selsesai ya mbak ngejelasinnya....

    ReplyDelete
  51. TFS mba Agnes, aku jadi belajar banyak nih. Coz aku mulai bingung kalo anakku nanya yg macem2.

    ReplyDelete
  52. TFS ya, Nes....

    *kangennnn ama Agnes..

    ReplyDelete
  53. Ha3, ya blessing in disguise for Bunda and Malik as well. Anak2 itu tak bisa ditebak ya, Bun. Kadang pertanyaannya ga ketahuan bakal berhenti dimana. Selamat berpetualang di samudra keluaguan dan kelucuan, Bunda!

    ReplyDelete
  54. hehehe wah klo nanya itu pingsan aku mba hihi

    ReplyDelete
  55. haha jd beken bener quote nya si indro ini ya pat :-)

    ReplyDelete
  56. wah sayangnya engga online mba din, wkt itu kami sengaja ngundang bu ely kemari, ada sih file nya, tp kayanya ga gitu ngerti deh mba soalnya singkat2 banget, mending ikut mba aplg mba dah di bandung seruuu deh pkknya :-)

    ReplyDelete
  57. haha bener mba ari, begini nih klo penulis hebat pinter deh mendeskripsikan kondisi :-)

    ReplyDelete
  58. iya mba ampe jantung berdegup lebih cepat :-)

    ReplyDelete
  59. hehehe anak2 emang suka bikin kita ngakak ya mba inci :-), tp jg banyak bikin betenya hehe bener mba gimana kita ngambil hikmahnya aja ya :-)

    ReplyDelete
  60. hehe iya rin, klo engga pasti dia bakal tanya terus soalnya :-)

    ReplyDelete
  61. sip sip dijadiin contekan ya jawabanku haha belagu amat daku dah :-)

    ReplyDelete
  62. thanks jg ci..iyaaa sama kangeen apa daya aku ga bisa sering2 beredar nih skarang :(

    ReplyDelete
  63. wah mesti bu nuni lebih banyak pengalamannya nih dp aku, 'murid'ku cuma dua soalnya ga kaya bu nuni seabrek hehe

    ReplyDelete
  64. Hihihihihihi, lucu tapi sekaligus penuh hikmah :-)

    Malik memang pintar, bisaaaaaaaa aja nemu yg aneh2 :-p Untung gak dicari lagi sama dia Mba, utk dibuat alat2 still stand nya dia, hihihi :-p

    ReplyDelete
  65. Mbak.. aku baru baca postingan ini.. Geli sendiri bacanya ;D hihihi
    Kalo aku ngalamin kejadian gitu pasti panik deh mo ngomong apa.. Tapi ternyata dibawa santai aja ya mbak jawabnya.. Lagian bener sih, anak kecil kan belum kepikiran yg macem2. Pertanyaannya murni karena rasa ingin tahu aja ya mbak ;)) TFS mbak..

    ReplyDelete
  66. ihik!! pembahasan yang santai tapi serius :D. akan ada masanya kusampai di situ :P

    ReplyDelete