Monday, October 16, 2006

'Sang Pemimpi'

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Andrea Hirata
Hari ini airmataku tak berhenti menetes. Tangis itu sejenak kerap berhenti, tapi tak lama. Saat suamiku bertanya, "Ada apa Sayang?" Air mataku tak mau kompromi. Ia langsung mengucur lagi. Kenapa sih? Bete? Berantem? Kesel? Capek?

Oh bukan! Sungguh bukan. Aku menjadi seperti itu gara-gara membaca sebuah buku! OMG! Aje gile! Segitunya..ck..ck..ck...! Yup! Buku itu memang luar biasa. Pokoknya aku ngefands berat deh sama buku-buku karangan Andrea Hirata itu. Sekarang saja rasanya aku sudah tak sabar ingin membaca buku ketiga dan keempatnya.

Baru saja aku membaca buku "Sang Pemimpi", buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Aku belum sempat membuat review Laskar Pelangi. Tapi kesimpulanku sama, kedua buku ini sungguh memesona. Keduanya sanggup membuatku tertawa dan menangis. Bukan cuma itu, makna yang terselip dari ceritanya, daleem! Makna-makna yang tersebar itu yang membuatku menangis. Dan keunikan cerita yang dikemas dengan humor-humor yang cerdas membuatku kadang tak berhenti tertawa. Aku kagum dengan kemampuan penulis membuat metafora yang juga cerdas dan lucu. Novel ini dituturkan penulisnya berdasarkan kisah nyata. Barangkali ini lah kekuatan lain yang membuat aku sebagai pembaca merasa begitu terpikat.

Aku terheran-heran melihat seorang anak muda yang cinta mati kepada kuda hingga membuatnya lupa makan dan sekolah. Aku tertawa menyaksikan kegilaan anak-anak muda kreatif menjahili gurunya. Aku mengelus dada menyaksikan kekejaman hidup yang harus mereka pikul. Terlahir untuk melarat. Hidup mereka begitu susah bahkan sejak mereka baru bisa membuka mata.

Aku menangis haru, saat menjumpai kebeningan hati mereka. Air mataku menggenang menyaksikan bara api semangat dalam diri mereka. "Tanpa mimpi dan semangat orang seperti kita akan mati."
"Kita tak 'kan pernah mendahului nasib!"
"Kita akan sekolah ke Prancis, menjelajahi Eropa sampai ke Afrika! Apapun yang terjadi!"

Mimpi itu membuat mereka setegar karang. Dan air mataku tumpah menyaksikan kebesaran Tuhan di penghujung cerita. Subhanallah..subhanallah..hanya itu yang bisa kuucapkan. Betapa sempurnanya Tuhan mengatur potongan-potongan mozaik hidup mereka. Aku melongok hidupku. Sungguh malu rasanya aku. Diberi hidup senikmat ini tapi kadang masih juga selalu merasa kurang. Lihatlah mereka, hidup begitu kejam pada mereka. Tapi mereka tak berhenti bermimpi, tak berhenti berjuang, tak berhenti berpositive thingking. Dan...tengoklah, kun fayakun! Allahu Akbar! Seperti tongkat Musa membelah laut merah, akhirnya pungguk pun tak lagi merindukan bulan. 'Hanya' karena mimpi!

Inspiring! Buku ini membuat aku sebagai pembaca tergerak untuk tak mengabaikan mimpi-mimpiku. Semangat buku ini menulariku untuk berjuang dan terus berjuang seberat apapun tantangan yang menghadang. Dan yang terpenting, buku ini pun membuat ku semakin melihat kebesaran dan keadilan Tuhan pada umatnya. Highly recomended book deh pokoknya! Nggak heran kalo buku ini langsung cetak ulang dalam sepuluh hari!

24 comments:

  1. Wahhhhh kayaknya asyik banget ya bunda.... bukunya in english language atau indo? Di Indo ada nggak bun bukunya... jadi pengen baca juga euyyy... soalnya is jg hobi baca, bingung pengen cari referensi buku lain yg seru untuk di baca.. Kasih tahu aku ya bun judul buku dan penerbitnya.. Hatur thank u.. salam hangat dari jauh sini... hugs uuuuuu

    ReplyDelete
  2. sepertinya bagus deh, jadi tertarik.. mau baca juga ah.. :))

    ReplyDelete
  3. kyaknya bagus, mba...
    di indo beredar gag yah???
    *penasaran*
    TFS :)

    ReplyDelete
  4. Laah justru ini lagi booming di Indo bukan say? aku dptnya pinjem temen titip dr yg baru dateng dari indonesia hehe, jd jelas berbahasa Indonesia :-) Iya aku recomended banget deh, tp kalo bisa baca dulu yg seri pertama ya judulnya 'Laskar pelangi' penerbit bentang pustaka. Yg ini penerbitnya jg sama, judulnya 'Sang Pemimpi'.
    Wah mestinya aku dikasih bonus nih sama mas andrea karena dah promoin bukunya abis2an hehe tp emang bukunya bagus sih, jd aku jg seneng aja menyebarluaskan :-) Met hunting ya say :-)

    ReplyDelete
  5. Laah justru ini lagi booming di Indo bukan say? aku dptnya pinjem temen titip dr yg baru dateng dari indonesia hehe, jd jelas berbahasa Indonesia :-) Iya aku recomended banget deh, tp kalo bisa baca dulu yg seri pertama ya judulnya 'Laskar pelangi' penerbit bentang pustaka. Yg ini penerbitnya jg sama, judulnya 'Sang Pemimpi'.
    Wah mestinya aku dikasih bonus nih sama mas andrea karena dah promoin bukunya abis2an hehe tp emang bukunya bagus sih, jd aku jg seneng aja menyebarluaskan :-) Met hunting ya say :-)

    ReplyDelete
  6. Iya mbak, aku belum nemu yg bilang ga bagus, soo kabar-kabari ya reaksinya kalo udah baca hehe

    ReplyDelete
  7. Iya say, ini malah adanya di Indo, aku bela2in nitip ke adek tp blum ada yg bisa bawa kesini. Untungnya temen ada yg bawa. Met hunting yaa :-), jgn lupa baca jg yg pertama 'Laskar pelangi' dijamin ga nyesel deeuh segitunya hehe

    ReplyDelete
  8. Aduuh..aduuh penasaran euy,sms ponakan di Bandung ah :)

    ReplyDelete
  9. Iya Niez beli n baca yaa, jgn lupa seri I nya, 'Laskar Pelangi' pokoknya keren abiz deh :-)

    ReplyDelete
  10. Benar2 buku yang bisa membawa bermimpi walau tak terbang dari bumi

    ReplyDelete
  11. Jadi pingin ikutan beli terutama seri pertamanya dulu.......tapi honest bukunya Agnes juga "BAGUS" kok........saya promoin di temen2 kantor untuk beli itu buku, banyak manfaat (kata lain dari "ilmu") yang dapat dipetik dari buku tsb. Sukses ya.....

    ReplyDelete
  12. menjiwai amat... coba ismail juga baca, jangan-jangan dia juga ikutan nangis, hihhihi

    ReplyDelete
  13. Iya mbak bener banget, bagus ya bukunya :-)

    ReplyDelete
  14. Waah mbak septy nih bisa aja hehe, makasih banyak ya mbak udah bantuin promo :-)

    ReplyDelete
  15. Hehehe iya mas sgt menjiwai, mas ismail jg dah baca, dia malah ketawa2 sendiri, kalo ga kukasih tau duluan isi ceritanya mesti nangis jg dia hihi

    ReplyDelete
  16. aduh ternyata buku2nya Andrea Hirata laku keras, saya udah nyari di Jakarta katanya kosong untuk ke 2 bukunya, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.. ...eh di Bandung ternyata juga laku keras, padahal dah amat penasaran tuk baca nich

    ReplyDelete
  17. Andrea Hirata klo ga salah alumni Groningen ya mba? (i think this info comes from mas Amal...)
    dudududududu....daku pgn baca ini juga kyknya...
    bilang si Mas deh minta beliin qeqeqeqeqeqq (^_*)

    ReplyDelete
  18. Mba Agnes, boleh bantuin jawab ya: Andrea alumni Sheffield Hallam Univ, UK. :-p

    ReplyDelete
  19. Ya mbak, mas andrea pinter banget ngajak ketawa, nangis..muantapz dech pokoknya. *sedang menunggu jg Edensor dan Maryamah Karpov-nya*

    ReplyDelete
  20. Hi, Bunda. Saya Nuni dari TK Mutiara Bunda. Apa kabarnya Inun eh Lala? Pasti sudah besar. Setelah mencari-cari kabar lewat Bumi Limas, and get lost ,akhirnya malah ketemu secara ga sengaja lewat bukunya ANDREA HIRATA. Nuni baca nya malah dari Edensor dulu he3. Moral lesson buat Nuni sebagai kuli pendidkan nih dari bukunya Mas Andrea ini ....bahwa teori Active Learning dan metode belajar lewat pengalaman lebih shahih daripada drilling terbukti lewat kisah2 di trilogi ini (yang ke empat belom kan? he3). Cant wait for the 4th book. salam buat Lala ya, bunda!

    ReplyDelete
  21. Nes, pa kbr neh... sibuk siap2 bwt vakantie yah..
    Gara2 ada temen yg mo nitip buku ini makanya aku singga kesini rasanya daku pernah baca resensinya disini bukunya tebel ga ya?

    ReplyDelete
  22. kayaknya bukunya Andre ini emang TOP.. aku baca ulasannya di Nova. tapi aku blom punya bukunya (blom mudik euy..harus buru2 nitip nih sama yg lagi mudik) oh ya sekalian nitip buku mb agnes juga kale ya hehehehe...
    trus habis gitu pak mangilnya ikutan nangis ga :)

    ReplyDelete
  23. very inspiring, setuju Bun..buku ini memang ok bgt, bacaan yang bergizi:)

    ReplyDelete