Monday, April 30, 2007

Demi Lego, jadi Still Stand




"Ik, besok pas Koningen Dag mau jadi still stand ga biar uang tabungan aik nambah? Nanti aik bisa cepet beli lego yang aik mau itu," tanyaku ke Aik malam tadi. "Iya Bun aik mau!" Kata Aik semangat. Still stand itu jadi patung yang berdiri ga bergerak seperti di pusat-pusat kota di Eropa itu loh. Biasanya orang-orang yang jadi still stand itu pake kostum aneh-aneh, trus diem ga bergerak berjam-jam. Penonton pun akan melirik, menatap,foto-foto dan ngasih uang biasanya. Aik memang sudah lama punya satu inceran lego mobil pengangkut sampah (kalo ga salah). Sejak koleksi lego bob nya udah ada semua, Aik kalo ke toko mainan sibuk pilih lego yang mau dia beli.Dan pilihannya jatuh pada lego mobil pengangkut sampah seharga 26 euro.

Naa berhubung aku dan suamiku dah sepakat mereka harus beli sendiri mainan yang mereka mau dengan uang saku masing-masing, jadi lah aik harus bersabar ngumpulin 26 euro. Sejak beberapa bulan lalu, Aik dan lala memang kami kasih uang saku. Berdasarkan hasil diskusi di milis WRM, kata para ahlinya ngasih uang saku ke anak itu banyak manfaatnya. Salah satunya supaya anak anak bisa belajar memanage uang, belajar bertanggungjawab, belajar memilih, belajar sabar, dan satu lagi yang kami terapkan supaya mereka belajar bayar zakat juga.

Beberapa minggu lalu uang Aik sudah hampir mencapai 20 euro. Tapi pas pergi ke toko buku Aik naksir buku magnet Thomas en Train. Akhirnya uangnya berkurang lagi deh. "Aik sabar Bun," katanya meyakinkan aku. Waktu itu aku beritahu bahwa kalau Aik pilih beli buku konsekuensinya beli legonya jadi tertunda lagi. Tapi ternyata Aik betul-betul mau sabar.

Kebetulan tiap tanggal 30 April negeri Belanda merayakan hari ratu alias Koningen Dag. Di hari ini semua orang boleh berjualan apa saja di pusat kota. Biasanya barang yang dijual adalah barang bekas. Karena kami malas mengorek-ngorek barang bekas di gudang, akhirnya suamiku memilih berjualan minuman kaleng dan botol. Tadinya suamiku udah males berangkat, tapi Lala keukeuh mau pergi. Lala juga ingin tabungannya bertambah dari hasil menjual minuman. Jadi sehari sebelumnya, lala, malik dan suamiku sudah sibuk berbelanja berkaleng-kaleng dan beberapa botol minuman. Malamnya Lala dan ayahnya juga sibuk mengisi air ke plastik dan memasukannya ke freezer. "Biar minuman kita tetep dingin, lumayan kan nilai tambah dibanding pedagang yang lain," kata suamiku. Pokoknya sebelum hari H kami sudah mempersiapkan barang dagangan kami. Lala juga aku tawari untuk jadi still stand. Karena Lala juga ingin beli perlengkapan boneka winx dari uang sakunya. Tapi Lala jaim, ditawarin jadi still stand beberapa kali keukeuh ga mau. Lala cukup berharap dari jualan minuman aja.

Dan besoknya, bangun tidur...Taraaa! Setelah bangun dan cuci muka, ternyata aik langsung pake baju citah! "Lho Aik jadi, mau jadi still stand citah?" tanyaku ragu. Aik mengangguk kuat. Waah beneran serius nih anak hehe. "Nanti mukanya di corat-coret pake apa dong Yah?" Aku sama sekali nggak persiapan beli alat melukis wajah karena kupikir Aik nggak serius mau jadi still stand. "Udah pake yang ada aja, lipstik Ma..lipstik...," kata suamiku. Haa lipstik hehe, ya udah deh gimana nanti aja, paling-paling Aik juga nanti ga mau, pikirku tetep ga yakin. Tapi walaupun ga yakin, kami tetap siapkan bangku, alas dan wadah buat nampung uang.

Alhamdulillah sesampainya disana kami masih kebagian tempat. Padahal kami dateng agak siang, sekitar jam 10 pagi. Orang-orang udah numplek kaya di gasibu hehe. Setelah memajang jualan minuman kami, suamiku pun bertanya ke Aik,"Mau jadi still stand ga ik?" Aik masih mengangguk juga. Suamiku pun menyiapkan peralatan yang sudah kami bawa dari rumah. Corat-coret wajahnya gimana? Lipstik! Mau pake apa lagi kalau bukan lipstik. Akhirnya beneran wajah Aik di doreng-doreng pakai lipstik sama suamiku hehe. Dan ajaibnya tuh anak mauu ajah! Ya sudah, Aik pun langsung naik ke singgasananya. Awalnya wajahnya selalu menunduk, senyumnya pun antara mau nangis dan malu-malu hehe. Tapi ternyata orang-orang mulai memperhatikan Aik. Satu persatu mulai ngasih duit. "Aik ndak mau!" Katanya hampir turun dari dingklik kecil tempatnya beraksi. "Ik, katanya mau beli lego. Ayo Ik liat tuh, Aik udah dikasih uang sama orang-orang," kataku menyemangati. Melihat orang-orang mulai memberinya uang dan berkumpul melihat aksinya, lama-lama Aik makin pede. Yang tadinya tangannya melungker ke belakang, sekarang mulai ke depan sambil ambil posisi mencakar. "Ik bilang dank u well (thanks) Ik sama yang kasih uang." Kataku mengingatkan."Udah!"jawabnya singkat. "Ik diem ik, diem jangan gerak-gerak," kata ayahnya mengingatkan. Aik pun jadi patung sejenak dengan posisi citah, walopun hanya dalam hitungan detik hehe.

Tapi herannya walaupun begitu, reaksi penonton ajaib bener. Mereka pasti menoleh dan tersenyum melihat Aik yang lagi beraksi. Malah ada yang ngeshoot segala, kayanya sih kameramen TV ciee geer nih bundanya hehe. Trus ada juga yang niat banget mau foto Aik, nongkrongin AIk pake kamera besar gitu. Ada nenek-nenek yang senyuum aja liat Aik sambil ngoceh nggak jelas ngomong apa. Ada juga anak-anak yang bengoong aja ga beranjak ngliatin aik."Kijk cheetah..!" kata mama anak itu ke anaknya. Diperhatiin anak bule bengong itu, Aik main gaya. Kedua tangan AIk maju ke depan dengan posisi mencakar. Suara Aik pun terdengar menggeram,"Ggrhmm...!" Dan Aik memamerkan taringnya yang nggak tajem hehe. Wah pokoknya seru deh ngeliat reaksi orang-orang ke Aik. "Eksploitasi children nih hehe," kata temen-temen sesama orang Indonesia. Hihi..lah kan ini demi lego, ga masuk katagori eksploitasi lah ya hehe emaknya ngeles mode on :-).

Wuih! Ternyata duit yang didapet Aik lumayan jek! Nggak sampe satu jam Aik berdiri udah dapet 10 euro! Ngalahin pendapatanku yang 7 euro/jam kalo jadi overblijv juf nih hehe. Tapi karena kuatir Aik bener-bener tereksploitasi hehe, trus nggak lama setelah dia capek langsung aku suruh minum dan aku belikan Aik satu wadah patat (kentang goreng). "Waah aik dapet uang banyak ya Ik, tapi masih kurang Ik buat beli lego, nanti jadi still stand sekali lagi ya." Aik mengangguk.

Setelah makan patat rupanya Aik capek dan ngantuk. Aku menyuruh Aik bobo di atas tikar. Tapi ternyata AIk nggak bisa bobo. "Ik, mau jadi still stand lagi ga, uang aik belum cukup buat beli lego," kataku. "Masih berapa lagi Bun?" tanyanya." Lima euro lagi Ik," jawabku. Dan ternyata Aik mau lagi!

Jreng..jreng..aik pun beraksi lagi setelah pindah posisi ke tempat yang lebih adem. Duuh kesiannya ya anakku demi sekotak lego, kulit sampe gosong-gosong begitu, tega nian yak emaknya hehe. Tapi demi ngajarin anak mau susah, ditega-tegain aja deh ya. Dan reaksi penonton kali ini ga jauh beda sama sebelumnya. Malah uang yang didapet aik cepet banget nambahnya, karena orang-orang yang dateng pun makin banyak. Kali ini nggak sampe setengah jam Aik dapet hampir 13 euro! Waah hebat..Aik dah bisa beli lego ni kalo ditambah uang tabungan aik sebelulmnya.

"Wah kita bisa dapet 100 euro nih Ma seharian kalo Aik mau jadi still stand terus hehe," kata suamiku. Hehe iya kalo bener-bener eksploitasi anak begitu dah caranya hehe. "Ik, mau jadi still stand lagi ga, biar Aik bisa beli mainan lain yang aik suka?" tanyaku setelah Aik berhenti. Naa ternyata anak-anak memang kaga matre kaya emak bapaknya hihi. Dengan sangat yakin aik menjawab,"Nggak!" Ditanya bolak-balik dan dibujuk bolak-balik juga tetep aja jawabannya enggak! Begitulah anak-anak...polos..lugu dan nggak neko-neko. Pokoknya setelah uangnya cukup buat beli lego ya sudah. Hmm...pelajaran berharga buat yang dewasa nih :-)

Akhirnya jam tiga sore, setelah pembeli menipis kami pun pulang. Hitung punya hitung, keuntungan jualan minuman 12,5 euro, padahal itu hampir seharian. Waah kalah jauh dengan hasil still standnya aik yang ga sampe dua jam dapat 23 euro hehe. Alhamdulillah...semoga selain uang tabungan bertambah, hari ini anak-anak juga bisa belajar jualan dan belajar berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Karena hidup itu kelak tak mudah Jendral! Bukan begitu? :-)

47 comments:

  1. Huekekekekekekek......
    Om ndud sok mimpin drum band....

    ReplyDelete
  2. Hiks..hiks..hikss...jadi terharuuu..
    Kudu belajar banyak dengan Malik...
    Sama Ayah dan Bundanya juga....

    ReplyDelete
  3. oh...gini toch ceritanya...hihihihi
    mba...mau dong ikutan milis WRM...ada syaratnya ya? :)
    btw, jam sgini msh online mba?
    Lala ama Aik pasti dah tidur ya jam sgini.....

    ReplyDelete
  4. hehehe..Aik lucu deh...
    diliatin aja tuh ma Tante Bule :)

    ReplyDelete
  5. Wah salut deh sama Agnes dan keluarga... hebat!! meni rame lagi ceritanya...

    ReplyDelete
  6. Mari kita pantau bersama TV Belanda untuk "Malik in Action"...

    ReplyDelete
  7. wahhh laku keras...cheetahnya tapi masih segar bugar nih walau habis jadi still stand :)..hihihi..gayanya aik canggih2 deh :)

    ReplyDelete
  8. Whuihihihihihi, Aik lucu banget gayanya, panteeeeeeees orang2 tergoda utk melirik dan ngasih uang, wong yg dihargai keberanian dan kreatifitasnya kok!
    *tepuk tangan buat Aik* ^_^

    ReplyDelete
  9. Waaaaaaaaaah, kalo aku udah jualan masakan aja niy Mba :-)
    Bule suka banget sama sate loh Mba *wink wink wink* :-D

    ReplyDelete
  10. Kakak Aik hebatttttttttttttttttt :D
    2 thumbs up buat kakak Aik (duh jadi tambah kangen dehhhh)
    Aku blm berani ngasih uang saku ke anak2 mbak...secara anakku seneng banget jajan, ada tipsnya gak sih mbak?

    ReplyDelete
  11. Hebat deh perjuangan Malik!
    tante wiwit yg ngliat fotonya doang aja dah brasa kepanasan :D

    ReplyDelete
  12. hebat dehh si Aik..ntar tabungannya selain buat beli lego buat pulang ke Indonesia yaa

    ReplyDelete
  13. mbak Agnes.. tq ya buat sharing-nya, keknya saya juga mo' coba memotivasi Aras nih klo mo' beli apa2 jgn asal minta, tp perlu usaha.. soalnya biar dia udah punya tabungan tp klo minta barbie tetep aja ngglendot ke papnya.. hahahah...

    ReplyDelete
  14. Aik keren deh gayanya... mau2nya berpanas2an hehehe... tante ienk mah nyerah deh.. takut gosong heheheh...

    ReplyDelete
  15. Huebat ya Aik! Anak-anak di sini juga keliling nganterin buletin komplek apartemen, Nes. Asal mereka suka aja :-)

    ReplyDelete
  16. hehehe.. perjuangan perjuangan.... lucu Aik... pinter dehhh..... pegel ga tuh??? malemnya sempet dibalur minyak tawon?? hehe

    ReplyDelete
  17. kreatifffffff..ko kepikiran seh mba ??..aik lucu bangettt..salut ma aik.

    ReplyDelete
  18. aduuuh, Aik, bener-bener berjuang demi lego, tadinya malu-malu malah totally in action. Alhamdulillah uangnya terkumpul banyak dan bisa untuk beli lego yah.. ;)

    salam kenal dari Maastricht, mbak Agnes.

    ReplyDelete
  19. Wuih...salut sama Aik :)
    Hebat msh kecil tp sudah ber determinasi tinggi.
    Mesti belajar dari Aik nih :)

    ReplyDelete
  20. asyiik..jadi dong beli Legonya:P, selamat belanja yah Iiik..kalau uangnya lebih uangnya dikasih tante uyung aja:P

    ReplyDelete
  21. Ditanggap buat 4th of July di mari boleh nggak si cheetah?..=) hats off buat aik & the parents...education is not for life, life is the education itself...hehehe

    ReplyDelete
  22. Salut dech sama kegigihan Aik mencari uang.

    ReplyDelete
  23. menarik banget nih mba acara keluarganya;)
    salut banget sama Aik ^__^
    gimana tuh mba menanamkan kemauan spt itu?:D

    ReplyDelete
  24. wah Aik patut diacungi jempol niy....
    boleh pinjem legonya nggak Ik?

    ReplyDelete
  25. Waah om aron yang lucu dan seru bisa melow jg ya ternyata :-). Kita memang kudu banyak-banyak belajar dari anak-anak ron, anak-anak itu guru terbaik buat orangtuanya ya nggak :-)

    ReplyDelete
  26. Duh ini aku reply nya telat banget yak hehe, aku emang tukang lembur li, makanya mata ampe celong-celong, alesan mode on, padahal mah udah tambah tua aja hihi. Mau ikut milis WRM emang kudu direkomendasikan li, anggotanya kebanyakan ibu2 muda ato yg baru merid jd cocok deh buat lia yg bentar lagi merid hehe. Kirim email aja ke aku ya nanti aku kasih form rekomendasinya ocreh :-)

    ReplyDelete
  27. Aku jg salut koq teh sama teteh yang bisa handle anak 4 + mau lima :-) Pasti banyak cerita serunya jg ya teh, sok atuh teh sering2 ngadongeng yg seru2 di MP teteh ya, biar aku bisa belajar. Nuhun ya teh :-)

    ReplyDelete
  28. Sayang euy wkt itu ga tanya kamerawan nya mau tayang jam berapa n TV mana, padahal mah dipantengin ya ron biar bisa direkam buat arsip *narsis mode on nih si emak* hehe

    ReplyDelete
  29. Iya tante in, si cheetah lagi itu emang laku keras, sayangnya dia ga mau lebih lama lagi padahal kalo mau kan duitnya lumayan buat nambah uang belanja emaknya hihihi niat abusing children tuh hehe

    ReplyDelete
  30. Maunya sih gitu ma, sempet nyesel jg kaga jualan karna hari itu cuaca bagus banget n pengunjung banyak banget, tp apa daya tanganku hanya dua hehe, musti ngaca kemampuan diri dah, pdhal taun kemaren aku jualan somay laris jg, dibeli orang indonesia sih krn org bule kaga doyan hehe. Sok atuh taon depan ima jualan sate yak hehe

    ReplyDelete
  31. Hmm kalo di indo emang repot ya karena banyak tukang jajan. Disini mah kan ga ada, jadi lebih gampang buat anak2 ngatur uang sakunya, bisa dibeliin barang2 yg bermanfaat buat mereka. Tipsnya bikin kesepakatan aja kali mba dan kebiasaan jajannya dikurangin pelan2 diajak diskusi, asal konsisten moga2 sukses mba. Selamat mencoba yaa :-) n tx dari aik buat tante :-)

    ReplyDelete
  32. Duh tante, idem ma bunda, bunda jg dah ngumpet mulu tuh takut gosong hehe. Tx ya tante. Salam buat adek vari ya tante, sapa tau aik klo udah gede naksir adek vari hihihi maunya emaknya tuh dpt mantu cantik hehe

    ReplyDelete
  33. Hwaa..aik kudu bertaon2 jadi still stand tuh tante kalo duitnya mau dipake buat pulang ke indo hehe. Tx ya nte :-)

    ReplyDelete
  34. Emang bener say, emaknya nih yg kudu menahan2 diri, daku jg kadang suka ada perasaan ga sabar, pengen segera beliin ajah, soale seneng jg ma maenan2 itu lucu2 n menggemaskan pengen segera dimiliki hihi, tp ya untungnya masih kuat nahan gogoda hehe. Met coba ya, smoga sukses deh :-)

    ReplyDelete
  35. Tx ya mba, emang kalo di LN lebih gampang ya bikin anak mau kerja. Disini anak SMA jg pada jd loper koran, penjaga toko dll mau anak profesor kek teteup aja tuh disuruh kerja. Moga2 sih si anak suka ya mba, kalo engga pan child abusing kita hehe

    ReplyDelete
  36. Hehehe untungnya ga sin, pulang2 masih maen aja cuma nagih mulu kapan beli lego gitu ceunah hehe.

    ReplyDelete
  37. Iya sa kepikiran gara2 sering liat di mana2 kalo lg jalan2, koleksi foto mereka sama para still stand jg buanyak, makanya cita2 kali mau jd still stand haha gawat deh

    ReplyDelete
  38. Hai luluk, kayanya kita dah pernah kenalan ya :-) Moga2 someday bisa ketemuan :-) Iya aik dah beli legonaya seneng banget dia, uang receh2nya pun dibawa ke toko mainan, tinggal si tukang kasir lah yang capek sibuk ngitungin receh hehe.

    ReplyDelete
  39. Lho bukannya om wisnu dari dulu sudah ber determinasi tinggi? kalo engga, ga bakal sampe groningen dong om hehe. Tx ya om :-)

    ReplyDelete
  40. Laah si tante, tibalik atuh nteu, uang mahasiswa Phd kan buanyak kudu na mah tante anu traktir lego buat aik hihi maunya emaknya tuh yung :-)

    ReplyDelete
  41. Wuaah boleh banget bu adi klo mau ditanggap, tp ongkos buat emak bapaknya gratis yak, pan kudu ikut kami hihi. Tx ya bu adi hehe quote nya apal banget deh :-)

    ReplyDelete
  42. Demi lego aku rela mba gitu kata aik hehe. Tx yaa :-)

    ReplyDelete
  43. Menanamkannya? hmm gmn ya, ga pake acara ditanem2 koq dian hehe, emang tiap anak unik kali ya, kalo kakaknya mah keukeuh jaim banget ga mau. Aik emang anak mudah n easy going kali ya, ntar majid jg kliatan deh keunikannya dimana klo dah rada gedean, aplg ortunya support dengan banyak baca n rajin kaya dian gituh, selamat menanti keajaiban2 majid ya :-)

    ReplyDelete
  44. Tx ya tante, tp legonya ga boleh dipinjem ma aik soale ongkos kirimnya sayang, bisa buat beli lego baru tuh hehe

    ReplyDelete
  45. Ah lutjunyaaaa
    semua emang harus pake usaha untuk dapetinya ya Ik,.
    lutju liat foto2nya Aik, saban ada yang kasih uang, diliatin sama dia hahahaha.....
    Itu acara setaon sekali ya Nes.. Klu pasar tongtong gemana? layak kunjung gak nih?

    ReplyDelete
  46. Ia ta, ini setaon sekali tiap tgl 30 april. Kalo pasar tongtong buat yg kangen berat sama barang2 indo mah layak kali ye :-) Daku taon kemaren kesana langsung deh beli krupuk kemplang n dodol duren, berikut makan masakan padang, slruup leker pisan ta, aya daun singkong jeung sate padang nu kararitu lah hehe. Pokona mah berasa di simpang dago or di pujasera we lah, bakso ge aya da. Eh jangan lupa mampir ke groni atuh ari ke pasar tongtong yah, bae rada jauh ge yg penting pan ketemu sama daku hehe maksa deh :-)

    ReplyDelete
  47. he..he.. Malik lucu...Wuah pedenya, kesabarannya dan kemaunya tinggi banget bagus. Selamet ya Aik satu setngah jam dapet duit 23 euro ngalah2in org gede..

    ReplyDelete