Monday, April 13, 2009

Antara Groningen-Amsterdam


Tak terasa, sudah dua bulan lebih aku tinggal di Diemen-Amsterdam. Wah, waktu seperti berlari, karena sejak datang aku dan suamiku sibuk beres-beres rumah yang kosong melompong. Suamiku mencicil pasang laminat, pasang wall paper, angkat-angkat barang dan kerjaan berat lainnya, aku bagian bersih-bersih. Tapi hingga sekarang belum juga kelar finishingnya, meski sudah nyaman buat dihuni. Lalu aku juga mulai sibuk beraktifitas, jadi betul-betul waktu berlalu begitu aja ga kerasa. Tapi aku menikmati sekali fase baru dalam hidupku ini, repotnya pindahan, repotnya cari rumah, hunting isi rumah sesuai budget yang terbatas, repotnya beberes rumah, cari sekolah anak-anak, lalu adaptasi. Tapi alhamdulillah semuanya lancar dan mengasyikkan deh.

Selama dua bulan lebih disini dan memerhatikan kondisi di tempat baru ini, adaptasi ga terlalu sulit, karena masih sama-sama di Belanda. Bedanya....Ini dia bedanya..:
- Sekarang ga berasa tinggal di dusun lagi, karena tempat yang diliat pilihannya banyak, pilihan pasarnya juga banyak, ga cuma centrum dan oriental kaya di Groningen :-).
- Tinggal di Amsterdam bisa seperti merasakan suasana di negara lain. Kalo belanja ke daerah Biljmerplein, Amsterdam Zuid Oost, kita kaya lagi ada di Afrika, karena banyak Black people. Nanti kalo pergi ke arah pertengahan Diemen-centrum Amsterdam, ke pasar Dappermarkt, berasa ada di negara Timur Tengah deh, banyak cewe-cewe kerudungan cantik-cantik, dan laki-laki berjubah atau bersorban.
- Setiap pergi kemana-mana, bahasa yang kedengeran juga selalu macem-macem, ke Amsterdam Zuid Oost kedengeran orang ngomong bahasa Afrika, India, ke Dappermarkt, bahasa Maroko, Turki, Arab. Naa giliran naik tram ke centrum, ntar kedengeran bahasa Itali, bahasa Spain, bahasa Cina, bahasa Prancis. Tapi yang pasti setiap naik tram, kereta, atau bus, selalu aja ada kedengeran orang ngomong berbahasa Inggris.
- Enaknya tinggal di Diemen, meski ga terlalu rame, tapi kalo mau cari keramean tinggal naik tram atau metro atau kereta  20 menit. Enaknya lagi kemana-mana masih bisa naik sepeda, ga perlu terus-terusan naik tram/bus/metro.
- Tempatku tinggal children friendly banget, banyak tempat bermain buat anak-anak dan banyak anak-anak. Jadi anak-anak lebih bisa sering main diluar. Waktu di Groningen kan banyaknya oma-oma dan Opa :-).
- Yang aku rindukan adalah acara kumpul-kumpulnya deGromiest, beda deh kumpul-kumpulnya student sama pekerja di sini. Ga bisa maen kartu lagi, maen memori, nyanyi-nyanyi gigitaran, makan enak tiap weekend wah pokoknya kumpul-kumpulnya dG ngangenin deh. Untungnya, berhubung rumahku deket Schippol, sebulan dua kali, biasanya ada temen yang nginep di rumah, jadi mengobati kangen deh :-).
- Bedanya lagi, di sini tempat belanja murah kaya Aldi dan action gitu rada jauh. Kalo dulu kan tinggal jalan ke belakang rumah, sekarang kudu naik bus hiks.
-Bule-bule disini lebih familiar sama orang asing, jadi mereka terlihat lebih ramah dan welcome.
- Kalo belanja daging di toko Turki wah kumplit euy, jeroan halal ada, daging paha atas or paha bawah ayam yang udah dikulitin ada, daging ayam giling dan ceker halal juga ada. Malahan otak sapi, kepala sapi, lidah dan yang aneh-aneh gitu juga ada seh, pokoknya perdagingan halal disini kumplit :-)
- Hmm..apalagi ya, kayanya baru segitu yang kerasa beda, yang lainnya ya sama aja, wong masih sama-sama tinggal di Belanda :-)

41 comments:

  1. wah ternyata sudah 2 bulan pindah ya...selamat menikmati tempat yang baru yah mbak...iyah..gimana juga Groningen emang ngangenin ya mbak..:)

    ReplyDelete
  2. Tetehhhhhhhhhhh tos ngalih ning....panteusan ngilang kemanaaaaa????.....lamun caket mah di pencetan da...he..he..(eh kan aya si akang..)

    ReplyDelete
  3. Makasih cerita Groningen-nya., jadi pengen segera terbang ke sana..Keliling Eropa...duh pengen bgt!!

    ReplyDelete
  4. Agnes wah tambah betah di Belanda ya say...jadi kangen pen kesana lagi niih....gimana ceritanya sampai pindah ke Amsterdam say?

    ReplyDelete
  5. Selamat menghuni rumah baru ya Agnes...salam buat Lala & Aik,,,

    ReplyDelete
  6. selamat menikmati tempat baru mbak :-)

    ReplyDelete
  7. wah mba Agnes dah pindah ke amsterdam yaa..alhamdulillah masih di belanda juga ya jadi bedanya ga jauh2 banget:D
    anak2 betah juga kan mba? jadi kangen kesono lagi:(

    ReplyDelete
  8. wah asik deket Schiphol *hint hint* haha
    syukur deh Mbak udah settle

    ReplyDelete
  9. Bantuin semangat u pindahan ya m agnes he3x...tenaga blm bs dtransfer lwt udara..

    ReplyDelete
  10. kalau tinggal di Main city biasanya emang campur aduk ama imigran juga mba...asyiknya they don't bother who we are

    ReplyDelete
  11. thenkyu ya Les :-). Bener Les, 4,5 taun gitu lo aku disana, gimana2 jg groni udah jd bagian hidupku duile :-)

    ReplyDelete
  12. Muhun ta, ngalih hoyong menggapai cita2 cie :-) duuh coba dirimu deket, tetep da hoyong dipencetan hehe.

    ReplyDelete
  13. amiin ditunggu yaa :-) jgn lupa maen ke rumah :-)

    ReplyDelete
  14. sudah jalan hidupku kali ya teh harus masih tinggal di belanda :-) Suamiku dah kelar teh, trus skarang kerja di Amsterdam, demi biar istrinya bisa ngelanjutin sekolah maksutnya, gantian judulnya teh, doain ya teh moga lancar smua :-)

    ReplyDelete
  15. teeeh pa kabar meuni sono euy :-) Nuhun ya teh, mampir2 ke rumah ya klo ke belanda lagi :-) Salam juga buat teteh sekeluarga :-)

    ReplyDelete
  16. Hai dian, iya jd adaptasi buat anak2 ga susah, alhamdulillah. Anak2 betah banget :-) soalnya deket rumah banyak speel tuin trus banyak anak2 jg. Sok atuh ditunggu kesini lagi ya :-)

    ReplyDelete
  17. hehe, eh beneran Cyn, klo ke amsterdam nginep aja di rumahku, kemana2 deket, enak deh duile promo hehe

    ReplyDelete
  18. hehehe makasi ya :-) tp sekarang tinggal finishingnya aja ko, dah ga berat lagi :-)

    ReplyDelete
  19. Iya ya Mi, aplg di London, waah katanya lebih campur sari lagi ya penduduknya, pengen nih ke London kapan2 :-)

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah, iya teteh doakan semoga lancar sekolahna...doakan kami juga disini yah Nes...

    ReplyDelete
  21. mba Agnes...sayang skali daku pulang ke Indo tgl 30 mei cuma bentar doang di schipol...coba ya kalo banyak waktu, pengen mampir nih! ;)

    ReplyDelete
  22. wah dlm rangka apa nih ke belanda lagih, dr schippol cuma 20 menit ko li ke rumahku, ayok deh mampir, ntar nyesel lho klo engga hihi

    ReplyDelete
  23. mba, aku 45menit doang transit di schipol, mana sempat..... :D
    tapi insya Allah mo janjian ama teh Nisa main ke Dresden trus mo ke Prague :D

    ReplyDelete
  24. gimana t4 barunya nes....mantap ngak pasti lagi sipya ......selamat d tempat yg baru ya

    ReplyDelete
  25. rumah di Diemen "huur" atau "koop' Nes? masalahnya liat foto pindahannya kayaknya heboh masang 2 nya ya? sekali lagi selamat ya say, semoga Agnes dan keluarga selalu happy..amiin

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah dah betah di tempat baru, makasih yaa :-)

    ReplyDelete
  27. sebenernya pengen 'koop' teh krn dpt kembalian pajak ktnya ya, cuma status suamiku blom boleh buat koop. Jd ya tpaksa huur deh. Tp biar huur kepaksa masang2 semua teh wong rumah aslinya kosong melompong hehe. Alhamdulillah dpt limpahan barang2 jg dari nisa yg pindah ke dresden, termasuk laminat, jd lumayan meringankan. Tx doanya teh :-)

    ReplyDelete
  28. o dah pindah too ke amsterdam.... selamat deh... mau sekolah lagi ya... moga sukses yaaa..

    ReplyDelete
  29. waahh..
    tempat barunya seru yah mba..
    pengen banget bisa jalan2 kesana..

    ReplyDelete
  30. nes kirim k gw dong foto2 tulip mu blh ngak

    ReplyDelete
  31. Lieve Jeng Agnes, Hebat dan Nyaman, hoor, berkediaman di kota Diemen (segalanya serba terpenuhi, compleet dan aman dari, kerisauhan). Walaupun, toch, masih dinegeri perantauan bukankah hidup kalian sekeluarga sekarang sudah 300% mujur dan sangat beruntung sekali, sayangku. Sekali lagi Uwak-Delfzijl mengucapkan heel veel geluk en veel plezier dalam menyambut, menerima dan menghadapi tamu-tamu-agung dan mulia dari Provincie Groningen (baik orang bule/Kaaskoppen maupun Black Peaple dan Bangsa Indonesia sendiri/Splitogen en Rijst-Eters, ya, toch?!) Aduh...., Mas Malik en Mbak Lala cepat sekali pertumbuhannya: bertambah dewasa serta hangat sekali; menambah rasa kerinduan Uwak-Delfzijl, hoor. Salam sejahtera dan bahagia buat familie in Diemen.

    ReplyDelete
  32. Agneeeeeeeeeeeeesssssssssssssss...............sonnnnooooooooooooooo.....!!!...huaaaah berabad2 ya kita ga ketemu...hikshiks.....mampir lagi ke sini tau2 buanyak banget berita baru, si Masmu yang udah lulus (alhamdulillaah...suennneeeng dengernya...selamat selamat selamat...), udah pindahan ke Amsterdaam...aah pokona mah sono lah....Sugan teh udah lulus mau nyusul daku ke amrik sini, Nes....boro semangat ditungguin....:-D Yasud wilujeng, selamat, semoga sukses terus, semoga berkah di tempat yang baru (tapi masih ada peluang kan pindah ke amrik...??...hihihi...keukeuh...)

    ReplyDelete
  33. Iya mba, semoga kesampaian ya cita2ku, minta doanya :-) thanks mbaa...

    ReplyDelete
  34. kalo maen kesini pkknya jgn sungkan kontak aku aja ok ditunggu yaa :-)

    ReplyDelete
  35. duh say maaf banget ya telat banget replynya dah basi kali nih, tp kalo masih minat aku minta no emailmu deh tar kukirim via email oks :-)

    ReplyDelete
  36. Uwaaak makasih banyak yaa buat semua kebaikan uwak, ditunggu lo main ke diemen lagi :-) Salam juga buat om dan bachtiar yaa :-)

    ReplyDelete
  37. ki, sok atuh ka bandung pas diriku mudik, kita kencan hehe

    ReplyDelete
  38. hihi teteeeh duh baca ini lagi jd sono deui yeuh ka teteh. Iya ni teh akhirnya nasib belum mempertemukan kita di amrik hehe. Doakan aja ya teh diriku bisa ke amrik buat vakansi at least hehe. Nuhun pisan sakali deui nya teh. mmuah

    ReplyDelete
  39. aku pengen ke rumah mba..kapan ya :(

    ReplyDelete