Saturday, November 1, 2008

Autumn Morning, ikutan HFP#4: 'Konsep'


Tadinya aku agak-agak ga niat mau ikutan Home Food Photography#4 yang dimotori oleh DIta ini, soalnya topiknya cukup susah euy. Tapi tergelitik dengan kata-kata Dita,"Katanya mau belajar. Ini bukan sekedar event lucu-lucuan, tapi buat belajar." Wah jadi niat deh mau ikutan. Berhubung aku masih gelagepan soal konsep dalam food photography (karena biasanya asal ikutin feeling main jepret aja), jadinya kali ini aku bener-bener nginget-nginget pelajaran ibu Dita  soal konsep dalam food photography. Teorinya emang cukup ribet dan mungkin kita bakal mikir, duh apa-apaan sih nyusahin diri amat. Tapi begitulah namanya proses belajar ya, ga ada yang gampang memang :-).


Dalam event kali ini aku ambil tema 'autumn morning'. Ga tau kenapa aku suka banget sama suasana autumn saat daun-daun mulai menguning dan belum gugur. Kalo udah gugur sih enggak, tambah dingin soalnya hehe. Jadi akhirnya kupikir kenapa ga ambil tema autumn aja. Suasana saat dimana-mana kuning itu, cantik banget dan sering bikin suasana hati jadi gimana gitu, kasuat-suat. Dan untuk sesie pemotretan, autumn selalu bakal menghasilkan foto yang keren (meski tergantung yang motret, modelnya dan tempatnya juga tentu).

Komponen dalam food photography yang harus diperhatikan itu katanya mencakup: konsep, komunikasi, komposisi, styling,  dan lighting. Jadi dengan tema autumn morning ini aku ingin  menggambarkan suasana pagi di saat musim gugur yang dingin tapi juga bikin hati hangat karena suasana autumn di sekitar yang cantik itu. Karena itu aku sengaja ambil dedaunan kuning yang berguguran di dekat rumahku untuk mengatakan tentang autumnnya. Intinya dengan tema  ini aku ingin menggambarkan suasana autumn di pagi hari dengan minum secangkir teh ditemani cookies, biar pun dingin tapi tetap membuat hati hangat. Lalu background sengaja aku pakai warna hitam untuk mengesankan dingin. Dan aku senang banget karena hari itu pas matahari bersinar cerah, jadi aku bisa dapat cahaya backlight di pagi hari (duh baru kali ini deh dapetin cahaya backlight kaya gitu). Dengan cahaya backlight itu mudah-mudahan bisa menggambarkan kehangatan hati di pagi hari musim gugur.



Soal komposisi dan styling, duh aku mati ide deh. Kalo soal yang satu ini aku masih bener-bener tergagap-gagap. Jadi, properties yang aku pake ya cuma si gelas dan dedaunan aja. Di salah satu foto aku coba juga tambahin syal untuk menunjukkan autumn yang mulai dingin, tapi hmm ga tau deh pantes apa engga. Moga-moga para ibu guru bisa kasih masukan nih soal ini.

Ini dia dia hasil jepretan yang pake tambahan syal :




Begitulah hasil belajar soal 'konsep' dalam food photography yang aku lakukan hari Jumat lalu. Bener-bener niat pilih hari Jumat setelah melihat ramalan cuaca bahwa hari itu cerah :-). Tadinya aku mau bikin brownies cookies, tapi berhubung bentrok sama males jadi pake cookies beli jadi ajah. Lagipula kali ini aku memang ingin belajar soal konsep, dalam food photography, jadi ga masalah kalo objeknya ga buatan sendiri kan :-).

Lebih lengkapnya soal HFP#4 sila klik link berikut. Pokoknya event ini bagus banget buat belajar food photography deh. Thanks ya Dit dah mau bikin event seperti ini :-).



28 comments:

  1. *hehe, daku bukan guru, bukan jg suhu, cuman mo bilang cakep tuh fotonya...aku suka yg bawah

    ReplyDelete
  2. Abis itu, siapa yang minum tehnya say? :-)

    ReplyDelete
  3. Keren gambarnya, akyu suka yang bawah kanan...so natural, kayak iklan di majalah loh mba...

    ReplyDelete
  4. Nessss makasih buat entrynya. Jangan lupa kirimin aku foto yg mana yg mau diikutin round up.
    Hmmm....autumn emang selalu menarik untuk dijadiin tema. Musim yang sarat dengan image keindahan yang romantis dan cenderung sendu. Cantik Nes idenya menggunakan daun-daun kering. Untuk foto yg paling atas, IMHO enaknya DOFnya diluasin dikit lagi Nes, biar gak terlalu sempit, kukisnya jadi nyaris blur.

    ReplyDelete
  5. hidup mbaa Agnes..asli tambah canggih moto na :)

    ReplyDelete
  6. nggak ikutan euy, nggak ngerti soalnya. yang jelas, maju terus pantang mundur, Mbak!:-)
    nonton aja deh ya, Mbak aku:-)

    ReplyDelete
  7. Agnessss, ayo tanggung jawab. Gara-gara liat postingan ini, aku jadi googling mengenai food photography dan belum mulai kerjakan paper.
    Duuuh.. payah

    ReplyDelete
  8. kalo aku sih malah senang yang pake syal, daerah fokusnya lebih luas .....

    ReplyDelete
  9. hehe makasih ya mba, berdasarkan masukan-masukan akhirnya foto bawah deh mba yg aku ikutin round up :-) dan diganti foto gedenya :-)

    ReplyDelete
  10. makasih, tapi belum memuaskan nih masih harus banyak belajar:-)

    ReplyDelete
  11. hehe duh ayah tau ajah aku ga suka minum teh, ihiks dibuang deh Say.

    ReplyDelete
  12. Oww begitu ya bu guru, baru mudeng :-) langsung kuganti deh Dit foto gedenya sekalian yg buat round up. Thanks banget yaa..*sambil ngarep lebih banyak lagi masukan dari bu guru Dita* hehe

    ReplyDelete
  13. tx mba berhubung jatuh cinta sama autumn mba :-)

    ReplyDelete
  14. wah can canggih atuh nis, matak ikutan ge, biar bisa belajar :-)

    ReplyDelete
  15. hehe ayo cha ikutan, kan dirimu doyan masak-masak, tinggal dijepretin, ternyata asik lo cha :-)

    ReplyDelete
  16. :D memang yang lagi sekolah dilarang liat-liat postingan kaya gini Ta, bisa kecemplung trus ketagihan, lebih bahaya lagi tuh, bakal dimarahin profesor hehe.

    ReplyDelete
  17. tx inputnya mba..jadinya foto gede aku ganti mba, berdasarkan saran para pakar :-)

    ReplyDelete
  18. cakeeeep.... aku suka banget dua foto yg paling bawah.... emang kalah ya DSLR ama kamera biasa, hiks...

    ReplyDelete
  19. maksudnya kamera biasa kalah sama DLSR gitu ya Mae :-). Tapi hasil karya Mae keren-keren lho ga kaya kamera biasa koq, beneran deh :-)

    ReplyDelete
  20. wuih, cantik, i love autumn too! (except for the wind and rain haha)

    ReplyDelete
  21. wow wow wow wow,,, bagus banget bunda. *terkesima*
    yang bikin menarik daunnya,, nggak biasa..

    ReplyDelete
  22. Mbak Agnes, kerennn... Ketangkep lho kesan hangatnya dr sinar matahari dan teh nya :)

    ReplyDelete
  23. huebaaattt huebaaatt....
    makin canggih aja nih jeng...

    ReplyDelete
  24. Sama nih kita suka autumn....tapi aku suka daun2 berguguran aja, dinginnya ga suka brrr..btw potonya bagus kok :)

    ReplyDelete
  25. Salam...mampir silahturrahmi. Oh Ya, mbak Agnes pernah membuat (seingat saya resuman) buku tentang Anak berbakat Ya?

    ReplyDelete