Friday, October 24, 2008

Buku '365'

"Terimakasih ya Allah, karena Aik dapet buku itu (365)." kata Aik
"Terimakasih ya Allah karena mba Lala dapat buku 365 dan karena tadi mba Lala ketemu Azka sama Nadia (Anaknya tante Intan dan Om Guntur yang umurnya masih 1,5 dan 3 tahun)." Lala ga mau kalah.

Sebelum tidur dan membaca doa mau tidur, anak-anak memang aku biasakan untuk 'say thanks to Allah'. Terimakasihnya boleh tentang apa saja. Kalau lagi ngga mau berterimakasih juga boleh. Kalau sudah sangat mengantuk, Lala cuma bilang gini,"Terimakasih karena mba lala mau tidur." Kalo Malik lagi bete dan sedang tidak ingin berterimakasih ke Allah, Malik sering ngomong gini,"Nggak terima kasih soalnya mba Lala cubit Aik."

Tapi seringnya mereka ya berterimakasih terhadap hal-hal yang paling berkesan yang mereka alami seharian. "Terimakasih karena Aik dapet kadotje. Terimakasih karena bunda lief (baik). Terimakasih karena Aik tadi voorsteling (pertunjukan) Operet. Terimakasih karena mba Lala dapet buku. Terimakasih karena mba lala punya ayah dan bunda yang baik (ehm..senangnya bunda dengernya :-))." Begitu contoh ucapan terimakasihnya mba lala dan Aik. Bahkan hal sederhana yang membuat mereka senang pun ( seperti ketemu Azka dan Nadia misalnya), bisa mereka jadikan ucapan terimakasih :-).

Naa beberapa hari lalu, setelah kiriman buku '365' dari mba Ary Nilandari datang. Aku memerhatikan polah mereka dan berusaha mencatat dalam kepala, bagaimana kesan mereka terhadap buku itu, tanpa aku ikut campur didalamnya. Ternyata, mereka suka banget! Ga heran kalau akhirnya dalam ucapan terimakasih ke Allah sebelum tidur, keluarlah kalimat-kalimat diatas.

Dengan semangat, mereka langsung berebutan ingin melihat buku itu. Malik langsung ingin tahu ada cerita apa di hari ulang tahunnya tanggal 4 Januari. Lala juga ga mau kalah, mau tahu cerita di tanggal 16 Desember, hari ulang tahunnya. Setiap malam, sekarang Malik maunya dibacakan buku '365'. Kemarin waktu Malik ketiduran belum sempat dibacakan buku, esoknya Aik tetep nagih."Sekarang baca yang tanggal 22 oktober dan 23 Oktober Bun, kan kemaren Aik bobo." Sementara Lala, sudah ga sabar ingin menamatkan semua buku itu. Walaupun belum selesai membaca semua, tapi waktu aku tanya komentar Lala tentang buku itu, Lala bilang gini:

"Heel mooi, (bagus sekali), dan gambar-gambarnya lucu, ceritanya juga lucu. Mba lala bisa belajar itu kalo satu Januari bisa bikin daftar keinginan, itu yang paling mba lala suka.Dat was het (itu aja)."

Dan ternyata anak-anak ga nurut baca buku setiap hari satu. Selalu aja mereka minta tambah terus,"Nog een Bun (satu lagi Bun)." Setelah ditambah satu bacaan, eeh masih minta lagi,"Yang ini laaste..laaste Bun (yang ini terakhir..terakhir Bun)." Walah ga tidur-tidur nih kalau begini caranya. Tapi berhubung diriku pun penasaran, ya akhirnya dibacain juga deh :-).

"Menurut Aik buku 365 gimana Ik?" tanyaku ke Aik.
"Leuk verhaal, grapig verhaal en de plaatjes zijn grapig. Dat was het. (Ceritanya bagus, ceritanya lucu, gambarnya bagus. Udah itu aja."
"Terus cerita yang paling Aik suka yang mana?"
Aik memang belum membaca semua ceritanya, tapi Aik ketawa ngikik waktu dibacakan cerita yang berjudul 'Kapan mainnya'. "Aik paling suka yang Dino," katanya setelah cerita itu dibacakan. Malah hampir tiap malam Aik mau dibacakan cerita ituuu terus. Malam lalu Aik minta 2 kali dibacakan. Malam berikutnya malah sampai 4 kali! Bunda sampe ketawa ngakak dan membuat Aik nangis dulu. Ceritanya bunda udah  membacakan cerita itu yang kedua kali untuk Aik. Lalu Aik minta lagi, tapi bunda minta dipijitin dulu. Setelah selesai dipijitin sama Aik lalu bunda tanya,"Mau dibacain cerita yang mana Ik?" Aik langsung jawab,"Yang itu lagi Bun. Boleh?" Tanyanya. Ya boleh dong Say. Tapi baru dua baris bunda baca, bunda langsung ketawa ngakak. Soalnya ga kuat, lucu aja, duuh Aik segitunya sampe minta dibacain cerita itu terus hehe. Tapi habis itu Aik nangis ngambek karena Aik kira bunda ngetawain Aik. Setelah beres minta maaf sama Aik, terus Aik mau dibacakan satu kali lagi, lagi,  tapi Aik yang membacakan buat bunda. Duh pokoknya bunda surprise deh segitu cintanya Aik sama ceriita itu.

Cerita 'Kapan mainnya' memang menceritakan seekor Dino bernama Reka yang tidak punya waktu bermain karena makannya lama. Lucu memang ceritanya. Makanya Aik langsung menobatkan cerita itu jadi cerita yang paling Aik suka. Mba lala malah ikut bantu Aik dengan mengambilkan buku Dino, dan mencocokkan bentuk mana si Hemi Iguanodon, dan teman-temannya yang lain.

Menurutku cerita dalam buku-buku itu sangat kreatif! Bayangkan, menulis 365 cerita (dalam bentuk cerpen, puisi dan cerbung)  berbeda yang sarat muatan yang dituturkan dengan cara menyenangkan dan tidak menggurui pula. Wuih, hebat banget! Bravo deh buat mba Ari. Trimakasih sekali Mba buat kiriman bukunya :-). Betul-betul menambah ceria hari-hari anakku Mba, seperti pesan dari Mba yang tertulis di halaman pertama buku itu. Yup! Anak-anakku juga senang lho membaca pesan dan tanda tangan dari Tante Ary. Sering-sering buat buku ya Mba, aku pasti antri dibarisan pertama mau beli :-)

17 comments:

  1. Wah! Keren nih bukunya mbak ary. Sy jg suka loh buku2nya yg lain, semisal: MEMAHAT KATA, MEMUGAR DUNIA. Bhsax ringan...

    ReplyDelete
  2. wah jadi pengen baca juga nih say, di gramedia ada nggak ya karena kebetulan sekarang abi lagi di palembang nih...TFS ya sayang

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah udah nyampe bukunya. Bisa ngerasain senengnya Malik dan Lala:-)

    ReplyDelete
  4. mau cari...mau cari deh...TFS ya bunda

    ReplyDelete
  5. trimakasih aku juga dah ngenal kel OI...emang semuanya liefde
    halah jadi pengen baca buku na

    ReplyDelete
  6. makasih, diingeti buat beli buku ini:)
    sejak dulu mau beli, tapi lupa melulu, pas ke toko selalu saja yg dibeli buku yg lain lagi

    ReplyDelete
  7. wah bagus ya mbak bukunya..jadi penasara *harus nitip ama yg mo mudik* hihi

    ReplyDelete
  8. tulisannya mba Ari emang TOP ya :-) jd pengen beli bukunya yang laen jg nih.

    ReplyDelete
  9. Mestinya ada teh, met hunting yaa..insya Allah anak2 teteh juga pasti suka deh :-)

    ReplyDelete
  10. Iya cha,sempet h2c jg ko ga sampe2 sedangkan punya echa dah sampe, padahal dr Essen ke sini cuma 3 jam, tp baru nyadar, pan beda negara hehe

    ReplyDelete
  11. eeh saha ieu teh, ko bahasana kaya bukan nisa hehe nuduh mode on

    ReplyDelete
  12. ga sabar pengen nunggu review dari kirana n dedeknya mba, bikin ya :-)

    ReplyDelete
  13. bagus wid, dijamin ga rugi deh nitip, ayo buruan beli....eh aku ga dibayar sama mba ari buat promo lho xixixi

    ReplyDelete
  14. snif snif...aku kok jadi berkaca-kaca membacanya, Nes....
    Kebahagiaan tersendiri lho buatku mendengar tanggapan Lala dan Aik. Nuhun ya.

    ReplyDelete
  15. ahhh so ini ya buku 365-nya.. jadi pengen punya buat anak saya. Untung penulisnya sudah janji mau ngasih, hehehe..

    Salam kenal ya mbak..

    ReplyDelete
  16. Mbak Agnes salam kenal ya, aku tisa..aku sering nih baca artikel yang ditulis mbak agnes, terutama untuk parenting-nya..top deh mbak..tks ya mbak..berguna banget lho buat aku..:) TFS ya mbak

    ReplyDelete