Thursday, July 24, 2008

Day 4, Istanbul: Miniaturk, Egyptian Bazaar dan pelabuhan Eminonu.




Miniaturk
Dalam perjalanan liburan yang berhari-hari, aku biasanya selalu berusaha menyusun itinerary sedemikian rupa sehingga at least ada satu hari khusus harinya anak-anak. Walaupun ga ada park yang menarik model disneyland atau legoland, untungnya di Istanbul ada miniaturk. Meski pada akhirnya mereka menetapkan berenang di Pamukkale dan Antalya sebagai kegiatan yang paling asyik. Tapi miniaturk yang menempati urutan ke-4 buat Lala, juga tetap asyik buat mereka. Mungkin karena mereka udah biasa diajak jalan kali ya, jadi kemanapun alhamdulillah ga pernah rewel kecuali lapar dan ngantuk.

Miniaturk seperti madurodamnya Belanda. Di taman luas ini terhampar puluhan bangunan-bangunan mini yang terkenal di hampir seluruh area Turki. Untuk kota istanbul diwakili oleh Blue mosque, Hagia Sophia, Topkapi Palace, galata Tower dan bosphorus bridge tentu saja. Dari kota-kota lain ada Terventin di Pamukkale, ‘kota batu’ di Cappadoccia, Mesjid-mesjid dari berbagai kota yang aku ga hapal. Dan gara-gara melihat tempat-tempat asyik lainnya di miniaturk ini Aik jadi pengen ke Turki lagi (padahal separuh perjalanan juga belum hehe). Ada gunung Nemrut yang katanya disana ada gua tempat nabi Ibrahim, ada gua yang dijadikan rumah-rumah unik di kota apa ya lupa deh. Pokoknya ternyata Turki menawarkan banyak tempat-tempat indah yang ga bisa cuma dalam sekali dikunjungi euy.

Egyptian Bazaar (Spice Market)
Setelah hampir seharian mengelilingi miniaturk, kami memutuskan untuk menikmati suasana di Egyptian Bazaar yang letaknya di seberang pelabuhan Eminonu. Tadinya mau ke Grand Bazar tapi takut ga keburu karena malamnya kami harus naik bus malam ke Cappadoccia. Jadi kami putuskan ke Grand Bazaarnya hari terakhir aja.

Pasar ini dibuat pada abad ke-17 atas permintaan salah seorang istri Sultan. Egyptian Bazaar ini adalah pasar yang khasnya menjual bumbu rempah-rempah dari Timur Tengah, kayanya segala macem rempah ada deh, aku ga hapal namanya. Pasar ini lebih kecil dari grand bazaar, tapi pasar ini unik karena banyak menjual rempah-rempah bumbu khas Turki dan Timur Tengah. Bau wangi menyebar kemana-mana waktu kami memasuki pasar ini. Yang jelas selain ada banyak rempah-rempah, di pasar ini juga banyak dijual lokum (Turkish delight), kudapan khas Turki yang rasanya seperti moci. Enak deh, di dalamnya ada berbagai rasa, ada kacang, coklat, kelapa, strawberry, macem-macem deh. Selain lokum banyak juga orang jual kerudung, pashmina, souvenir (walaupun ga banyak), apple tea khas turki dan tea setnya yang unik, dan ternyata di bagian belakang banyak pedagang menjual alat-alat rumah tangga seperti loyang, panci dan lain-lain gitu. Duh jadi inget pasar-pasar tradisional yang di Bandung. Di pasar ini juga banyak dijual permen-permen, manisan-manisan buah, dan kacang-kacangan model kacang arab. Dan makin kedalem pasar ternyata harganya makin murah! Untung aku ga kecolongan, hampir aja beli lokum seharga 14 YTL per setengah kilo di depan pasar, padahal di dalam harganya cuma separuhnya.

Eminonu
Karena hari terakhir kami masih akan balik lagi ke Istanbul jadi aku menahan diri untuk belanja di Spice market, soalnya berat kalo dibawa kemana-mana, padahal udah laper mata liat harga dalam YTL yang hampir separuhnya Euro.

Eminonu merupakan tempat transit di Istanbul. Kalau mau nyebrang ke Asia naik boat ya lewat pelabuhan ini. Kalau mau ikut bosphorus tour juga bisa dari pelabuhan ini. Naik bis ke tempat-tempat di Istanbul, naik taksi, naik tram juga bisa dari sini. Pemandangan di sekitar Eminonu cukup asyik untuk dinikmati. Pesan yang aku baca dari reviewer para pelancong yang sudah pernah ke Istanbul, katanya jangan lupa makan ‘Balik Ekmek’ di Eminonu. Haa apa pula tuh? Hii namanya aneh ya mengingatkan pada sesuatu yang saru-saru haha. Bahasa Turki emang ajaib banget, ga ngerti blas, ga ada mirip-miripnya sama bahasa yang aku bisa. Ternyata Balik Ekmek tuh, roti yang di dalemnya dikasih ikan panggang, bawang bombay dan sayuran. Rasanya lumayan enak dibanding roti khas Belanda yang pake haring itu (yang aku ga tega makannya hiks). Harganya pun cukup murah, antara 3-4 YTL saja, alias 1,5 euro atau 2 Euro. Cara menjualnya pun lucu, orangnya masak di atas kapal yang dicat mencolok kaya kapal raja. Jadi mereka masak ikan sambil digoyang-goyang ombak. Lalu pembeli ngantri, bayar dan makan di kursi-kursi jongkok yang disediakan disekitarnya. Penjualnya juga pake baju ala Turki. Tapi ada juga penjual yang hanya memakai gerobak saja.

Selain banyak orang jual Balik Ekmek, di sekitar Eminonu juga banyak orang jualan kerang dalam asongan kaya penjual rokok, makannya pake jeruk nipis. Aku ga sempet coba, ga tega juga ya takut diare hehe. Penjual kebab dorongan, roti bulet dan jagung dorongan juga ada. Di bawah Galata Bridge sebelahnya Eminonu banyak restorant yang katanya menjual seafood dan Balik Ekmek ini. Tapi ternyata seafoodnya tidak seperti yang aku bayangkan di pantai pangandaran hiks, duuh masakan Indonesia memang tiada duanya deh.

Info-info:
Orang Turkey kayanya aga-aga usil kaya orang Indo hehe. Kami sering diliatin. Bukannya geer, tapi emang bener-bener ngeliatin gitu. Waktu di Miniaturk, serombongan ABG sama guru ngajinya ngerubung aku. Ngeliatiiin aja, terus lama-lama ngajak kenalan, tanya nama, dari mana asal. Ibu-ibu yang lagi nungguin anaknya juga sama ngeliatin mulu, pokoknya kalo berada di tempat yang banyak orang lokal, pasti sering diliatin deh, berasa artis pokoknya xixixi.

52 comments:

  1. bener ..kaya madurodam..keren2 ihh jd kabita :((
    hari ke 4 coklat

    ReplyDelete
  2. Ya ampyuuuuuuuun, Aik kok jadi eksotis gini yaaaaaaaaaaaaa, gemes! ganteng! :-) Pantesan jadi dirubung dan dicubitin dimana2... nurun Papanya ya keknya?

    ReplyDelete
  3. Wow! Hitam2 nan gagah! Keren bener niy si Mbakku. Jadi inget aku dulu 21 hari bajunya itu2 aja, ahahahaha :-D

    ReplyDelete
  4. Wow! Kota didalam gua? Eh, bawah tanah? Eh? Apaan yak?

    ReplyDelete
  5. Si eksotik!
    *towel pipinya aaaaaaaaah* :-p

    ReplyDelete
  6. DOF nya tajam2, kamera Nikon yak Mba?

    ReplyDelete
  7. no satu krn emang artis .....hehehe, no dua bajunya yg seragam .menarik perhatian...hehehe

    ReplyDelete
  8. pantas aja dirubungi.....keren abiiisssss

    ReplyDelete
  9. keren deh bundanya Lala & Malik;)

    ReplyDelete
  10. Aduh seragamnya kali ini kok gelap sekali. Bertentangan dengan keindahan alam yan di-sekelilingnya. Apakah cuacanya disana juga menyedihkan sekali, Jeng Agnes???!

    ReplyDelete
  11. Memang betul sekali, bukan sahaja uiterlijk/wajah yang lembut dari Jeng Agnes yang membikin orang disekitarnya betah berdampingan dan bersendaugurau, akan tetapi Bunda Agnes:- adalah seorang yang pintar, sabar dan telatèn.

    ReplyDelete
  12. Jeng Agnes, mana sang Ayah????????? Lambang cinta dari Turkey, kok malah enggak ada ayah disampingnya.

    ReplyDelete
  13. Tumbèn, kok enggak pakai kacamata?!

    ReplyDelete
  14. Kok, hampir menyerupai Oosterse Mark in Beverwijk - Nederland. Mana yang lebih indah, Jeng Agnes?

    ReplyDelete
  15. Uwak jadi ingat di Pasar Turi - Surabaya.

    ReplyDelete
  16. Buah ketimunnya hampir juga menyerupai ketimun Indonesia. Tapi aku yakin, ketimun dari Indonesia lebih lezat, ya, toch jeng Agnes???!

    ReplyDelete
  17. sok atuuh sebelum ke indo nis, ka turki heula, trus umroh lengkap sudah deh hehe. Eeh salah lain coklat eta mah hideung :-)

    ReplyDelete
  18. enak lumayan lah, teu siga kebab nis da dalamnya ikan, siga haring make roti meureun nya, ngan ieu mah ikan na mateng dipanggang.

    ReplyDelete
  19. ticket masuk anak2 free mba, adult 10 YTL sekitar 5 euro an, murah2 sih dibanding di eropa.

    ReplyDelete
  20. hihi iya aku klo inget masi suka pengen ketawa Ma, duuh ga pernah2nya dirubung ama cewe2 kece :-)

    ReplyDelete
  21. Dee ima bisa ajah :-) Ya jelas ayu an mereka lah Ma, udah putih mararancung, lonjong2 mukanya, duuh serasa jd org plg jelek sedunia lah di istanbul mah diriku hehe

    ReplyDelete
  22. waa ga ngerti ya Ma soal eksotis mah relatif hehe, kalo soal ganteng mah jelas gantengan anak2 turki lah hehe. Nurun ayahnya? ga juga siy, kulitnya malik nurun aku, gelap, ga seterang ayahnya :-), aplg habis berenang waa gosoong dia hehe

    ReplyDelete
  23. hahaha sebelum2nya aku jg gitu ko ga mikirin dress code, tapi kata suamiku, ga akan terulang lagi jeh, biar klo mengenang foto2nya enak diliat gitu, jd ajah, dasar, niat banget yak hehe.

    ReplyDelete
  24. Aku lupa niy Ma nama tempatnya, tapi kayanya asik banget, rumah2 di dalam gua gituh, next destination nih entah kapan hehe

    ReplyDelete
  25. Hehe klo difoto kaya coloseum yak, padahal stadion jeh :-)

    ReplyDelete
  26. hahaha gara-gara Ima, aku n suamiku jd ikut2 manggil malik si eksotik nih :-)

    ReplyDelete
  27. waa tau aja niy Ima, jiwa fotografinya kenceng nih :-)

    ReplyDelete
  28. waa artis darimana mba Lely hehe. Tapi kayanya baju yg seragam jg emang menarik perhatian kali ya, prinsip kami sih ga bakal ketemu lg inih, jd cuek ajah ga pake malu hihi

    ReplyDelete
  29. wah ga lah mba, kaya bumi langit klo dibanding ce2 Istanbul mah :-)

    ReplyDelete
  30. masalahnya klo ga pake kacamata cengdem bisa2 merem klo difoto dian hehe

    ReplyDelete
  31. Ini karena dah ga ada baju lagi wak hehe

    ReplyDelete
  32. kalo ga silau banget dia ga pake wak :-)

    ReplyDelete
  33. hehehe kalo ga silau ya ga dipake wak :-)

    ReplyDelete
  34. Kayanya lebih rapi yang di Turkey deh Wak dan lebih keliatan eksotis klo yang di Turki.

    ReplyDelete
  35. iya wak betul sekali, makanan indonesia memang tiada duanya :-)

    ReplyDelete
  36. Ini semacam TMII kalau di Indonesia ya bunda?

    ReplyDelete
  37. mbak .. kalo ke turki perlu pake visa gak sih?

    ReplyDelete
  38. iya kali ya, soale aku terakhir ke TMII udah 25 tahun yll, lupa lagi sekarang kaya apa hehe

    ReplyDelete
  39. hayoo mba vitri mo ke turki ya, ayo mba aku dukung, keren lho :-) Tapi emang perlu visa, klo disini per orang bayar 31 euro, kayanya ga jauh beda ya disana juga.

    ReplyDelete
  40. iyah pengen juga ke turki nih ... ngurus visa nya lama gak? berlaku berapa lama, multiple visit ato single entry ajah

    ReplyDelete
  41. Mbak,

    Saya Mili dari Surabaya. Salam kenal. Wah ngiler deh liat gambarnya turkish delight. Bisa tolongin saya dong, mintain resep bikinnya yang asli dari turki, spy bisa bikin sendiri di rumah.

    ReplyDelete