Wednesday, October 3, 2007

Paru Goreng ala Mimih




Aku suka banget paru goreng, walaupun tau sih kolesterol tinggi bo! Dan untungnya bertaun-taun tinggal disini ga pernah nemu paru di toko daging, bener-bener hidup sehat deh disini mah. Tapi kadang saking kangennya aku suka nitip ke ibuku minta bawain paru goreng kalo ada temen yang pulang.

Hingga suatu hari, nisa membawa berita, ada yang jual paru di toko Turki Al Fysal. Alamaak berabe..berabe! Kedemenan gw ada disini! Bisa-bisa acara hidup sehatku berantakan dah. Bener aja langsung lah aku berburu paru, sampe bela-belain pesen dan bolak balik ditungguin. Ternyata ga sia-sia, pas menjelang ramadhan kemaren, suamiku langsung dikasih 11 kg paru! Mau ga diambil smua ga enak sama penjualnya karena dah pesen dari kapan hari, berikut harganya pun super duper murah saudara-saudara, 0,75 cent euro saja per kilo alias sepuluh ribu rupiah kalo di convert ya.

Gilaaak! Liat paru-paru sapi sebanyak itu berdarah-darah di rumah udah mblenger duluan aku. Langsung lah kubagi-bagi, buat nisa 3 kg, buat acara bubar 3 kg, buat lebaran 3 kg dan buat kugoreng 2 kg. Untung aku punya freezer segede kulkas dari mba Indah, berguna banget itu freezer.

Dan si 3 kg paru itu aku bagi-bagi lagi biar gampang kalo mau goreng. Lalu aku praktekkan lah resep paru goreng ala ibuku. Dan ternyata sukses lagi, horee! Aku tuh ga suka sama paru yang gembos alias ga kering. Suami dan anak-anakku juga ga demen sama paru yang basah, ga tega makannya katanya. Untungnya resep dari ibuku ini bisa bikin si paru jadi kering. Rahasianya ada di: minyak goreng! Yup! Setelah di godok pake asem jawa dan garem, si paru musti direndemin minyak goreng. Hasilnya..hmm bener-bener kriuk kriuk lho. Tentu aja motongnya juga ga boleh ketebelan ya. Pokoknya gurih dan kriuk banget deh. Ini dia resepnya. Aku bikin sekalian banyak buat nyetok di freezer. Dimasuk-masukin plastik sesuai kebutuhan saat menggoreng.

Resep:

Bahan:
- Paru sapi 3 kg
- Asem jawa 2 jempol
-Garam secukupnya.

Cara membuat:
- Godok paru sapi tersebut dalam panci sampai terendam air, beri asam jawa dan garam, hingga paru berwarna kecoklatan.
- Potong tipis-tipis, ukuran sesuai selera

Lalu paru tersebut dicampur dengan bumbu berikut:
- 1,5 sdm ketumbar
- 12 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- garam secukupnya

Setelah itu beri minyak goreng, ga usah terlalu banyak, kira-kira aja asal semuanya udah kena minyak. Rendam selama 1-2 jam, makin lama makin baik.

Goreng paru dalam minyak panas hingga kering. Kalo kurang kering, angkat dulu, lalu goreng lagi, biasanya jadi kering bener.

Sajikan, dijamin sepiring langsung tandas! Tapi inget-inget kolesterol yaa :-) Berhubung dah kebiasaan jarang makan yang berkolesterol2 tinggi gini, jadinya kalo habis makan paru banyak, sekarang aku suka langsung feel guilty, trus setelah itu berusaha banyak-banyak makan jus sayur atau segala sayur dilahap deh kaya embe hehe.

45 comments:

  1. Waks menu sadis ini mah :D
    saya ge penggemar berat paru.
    Bersyukur jg disini gak nemu paru, jadi makan paru kalo ada yg ngirim doang :D
    tapiiiiiiiiiiiii saya nemu babat dan lidah disini.........kacawwwwwwwww :-(

    ReplyDelete
  2. waaah asiiik .. baru tau nih cara bikin paru kriuk ternyata direndam minyak goreng ...makasih yaah

    ReplyDelete
  3. Nyontek yah, Mbak:). Kapan itu dikasih paru sama temen (yang geli nggak sanggup makan paru:)).

    ReplyDelete
  4. aku demen makan ga demen masaknya... tiap beli, motongnya ga ok mulu.. dah gitu ko rada ber"aroma" ya???
    ada tips????

    ReplyDelete
  5. hahaha...makanan sehat tuh ga enak mbaa..yg enak tuh makanan berkolesterol tinggi;))..hidup makanan sehat !!!

    ReplyDelete
  6. oooo itu teh rahasianya biar gorengnya kriuuukkk...ah jadi pengen nyobain:D, TFS ya teh:D

    ReplyDelete
  7. lama nggak kedengeran ternyata masak masak terooss...hayooo bikin ngiler...tanggung jawab...musti dapet kiriman parengnya... (paru goreng) ..=0P

    ReplyDelete
  8. kasian bu... sudah 5 tahun ngga makan paru goreng bu.. minta bu :D

    ReplyDelete
  9. ada sisa, gak? mau dong...........:-)

    ReplyDelete

  10. *ga percaya sebelum nyoba...ada testernya bun?..:p



    ReplyDelete
  11. Nyam-nyam paru goreng kriuk... hmmm...
    Agnesss.... bikin kabita aja, hiks.. pan lagi puasa...

    ReplyDelete
  12. Samaaa...aku doyang bangettt sama satu ini. Harus nahan2 diri klo disini seehhh huehehehehehehe

    ReplyDelete
  13. di Salatiga ada paru goreng kriuk yang terkenal ya mbak Dew... hehe kalo pulang ke kampung suami, soalnya pasti borong juga buat oleh-oleh... belinya di toko tempat enting-enting gepuk juga, duh... lupa deh nama tokonya...

    ReplyDelete
  14. Sama doyan banget paru, mau digoreng, mau dijadiin soto....pokoknya jeroan mah masuk aja tuh (walau tahu sih tidak sehat)....makasih tips nya yah Mbak

    ReplyDelete
  15. Mbak...
    doyan paru ya ?
    Sama ama aku.
    Kalo bikin gulai kambing aku cuma mau makan parunya doang.
    yang laen ngak begitu demen.
    trus..
    aku juga doyan paru goreng, tapi selama di Indo,aku beli,hihi...
    paling enak yang Kudus punya, yang tanpa tepung,hehe....
    cuma harganya muahal,hihi......
    tapi dengan rasa yang enak, rasanya worth it deh harga segitu,hehehe...

    ReplyDelete
  16. Kolesterol-kolesterol, hidup sehat-hidup sehat...hehehe.

    Uih ampe ngeborong 11 kg, hualah...
    berarti kalo besok jadi kerumah masih banyak donk *wink-wink*

    ReplyDelete
  17. Nes, aku jadi ngiler nih... Aku penggemar berat paru juga nih..:-) Di sini gak ada paru. Aku makan paru biasanya setahun sekali pas mudik... Hemm...nyam..nyam...

    ReplyDelete
  18. Eh..mo nyeleneh nih.
    Bikin jus sayur-nya caranya gimana, Mba' Agnes ? :)

    ReplyDelete
  19. tolooooooong, udah berapa abad yak nggak makan paru (hiperbola dot com) :-)
    Ah, pokoknya kalau nanti ke Groningen lagi menunya tambah ya, Mbak sama paru goreng;-)

    ReplyDelete
  20. Aku juga suka, tapi di sini paru sih barang langka sekali. jadinya kalau ketemu paru goreng di toko Indonesia, pasti diembat dgn semena2.

    ReplyDelete
  21. iya ta, mending jgn nemu lah ngeri euy ga cukup sabiji dua biji sekali makan, duh gawat. Untung toko na jauh jd bisa jarang beli hehe. Si babat n lidah kirim weh kadieu ta, daku jg mau nampung lah buat lebaran mah hehe

    ReplyDelete
  22. iya mba direndam minyak goreng, gorengnya tipis dan aga lama, garing deh mesti, met coba ya mba :-)

    ReplyDelete
  23. wah jd geer nih dicontek sama mba mamiek yg jago masak, moga sukses ya mba :-)

    ReplyDelete
  24. kayanya klo udah dikasih asem jawa ga beraroma lg deh sin, pkknya pas makan sih ya enak2 aja hehe

    ReplyDelete
  25. naah ini nih biangnya bikin aku ga hidup sehat lagi haha. Tapi nuhun nya sa, jd terobati nih kangenku pada paru tp emang bahaya euy si malik eta sa piring ge abis da duh gawaat!

    ReplyDelete
  26. kabar2in ya yung kalo sukses, kalo ga sukses mah ulah, abdi nu isin haha

    ReplyDelete
  27. ayo bu tukeran sama makanan cinanya ya hehe

    ReplyDelete
  28. wah parah hehe kesian amat mba, ayok kerumah yok, stok lebaran masih banyak nih mba :-)

    ReplyDelete
  29. wah bener kudu jaga diri, surganya paru di indo sih ya dew :-)

    ReplyDelete
  30. banyak penggemar paru ternyata ya, sama2 mba :-)

    ReplyDelete
  31. wah boleh deh dicoba ntar klo pulang, tx infonya ya :-)

    ReplyDelete
  32. wah mba padahal udah disiapin kemaren, ga jd deh, ayo maen kesini lagi mumpung masih ada, lebaran ya :-)

    ReplyDelete
  33. Tos kita dong niez, sesama penggemar paru dilarang salling mendahului ya hehe jaka sembung deh. dp mudik jauh ayo maen sini aja niez :-)

    ReplyDelete
  34. bikin jus sayur tinggal cemplung aja segala rupa sayur ke blender wis hehe. Aku pernah seledri campur wortel n apel, tp rasanya ga enak, klo mau enak makan sla aja banyak2 sama tomat ga usah dijus. Pernah jg brokoli sama wortel , pkknya apa yg ada dikulkas aja deh wis hehe pasti berminat abis makan paru mau ngejus sayur ya :-)

    ReplyDelete
  35. sip cha, ayo dong maen lagi, dijamin dibawain paru berkilo2 deh, murah banget jeh cha, 75 cent euro saja sekilo, silahkan deh makan ampe mendem hehe

    ReplyDelete
  36. wah senangnya diriku banyak bener penggemar paru, berarti banyak temen tukang embat paru hehe. Tos mba dian :-)

    ReplyDelete
  37. Nes, nih paru goreng emang kesukaanku juga, kalo makan ke resto Padang nyarinya ya paru goreng..
    Kapan2 pengen bikin ah..tapi nyari parunya dimana ya? kudu pesen dulu kali ya? resepmu menggodaku...

    ReplyDelete
  38. ass,
    salam kenal


    saya nurul dr jakarta. di sini saya mau nawarin produk lulur sekar jagat dari bali ada beberapa varian aroma spt green tea, coklat, avocado, starwbrry, cendana, milkbath, boreh, wortel, ppaya, bengkuang, kopi, lidah buaya dan seaweed. di jakarta dan sebagian kota besar di indo lulur ini lagi booming. saya mau menawarkan dengan harga 20000/pcs/100gr blm termasuk ongkir.

    tq.

    ReplyDelete
  39. Asslm mbak. Saya Nisa ^^
    Ada ga mbak resep paru goreng yang membuatnya pakai santan? Saya lagi cari resep yang itu juga.
    TFS mbak resepnya.

    ReplyDelete
  40. Mbak Agness!! Hampir kelupaan lapor :D Paru nya berhasil lhoo.. Cuma aku saking semangatnya pengen garing, nggorengnya kelamaan, jadinya bener2 garink! Hehehe.. Mksh ya resepnya.

    ReplyDelete