Wednesday, October 3, 2007

Sambel Iwak Panggang Mackarel




Dulu, ibuku suka bikin sambel iwak panggang, yang iwak panggangnya bawa dari Blora gitu. Uenaak banget. Aku yang ga suka sambel ulek aja jadi suka deh kalo udah makan ikan ini. Pas disini nemu ikan mackarel panggang, baunya mirip-mirip gitu. Ya wes aku telponlah ibuku dan minta resepnya. Terus aku coba masak di rumah. Walaupun ibuku bilang nguleknya kudu pake ulekan, aku pake blender dong, ulekan mah ga kepake deh buat pemalas kaya aku hehe. Tapi alhamdulillah sukses, rasanya dah mirip sama buatan ibuku. Lekker dah!

Bahan:
1 buah ikan mackarel panggang yang agak besar
Bawang merah kira-kira 3 biji
Bawang putih 2 biji
Kencur seukuran ibu jari
Cabe merah 4 buah
Kemiri 2 biji
Terasi seukuran ibu jari juga
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
1. Semua bumbu digoreng (kecuali ikan)
2. Setelah digoreng bumbu diulek, lalu si ikan campur deh diulekan. Tapi kalo aku sih bumbu diblender.
3. Lalu di atas wajan si bumbu dicampur sama ikan. Berhubung kulit ikan mackarelnya susah dipotong-potong, kudu pake gunting motongnya.
4. Aduk-aduk pake api kecil biar dimakan pas anget-anget.
5. Sambil diaduk jangan lupa dikeceri jeruk nipis alias dicipratin jeruk nipis.

Jadi deh, enaaak!

16 comments:

  1. hmm..duuh enak..komo mun makanna pake nasi panas jeng sambel trus bari ngarumpi..trus makanna ulah pake sendok..yummy..

    ReplyDelete
  2. itu kencur ukurannya ibu jari (segede apa ibu jarinya?)...lha nek ibu jarinya lemu seperti punyaku piye dong...hehehe....pingin nyoba tapi nyari mackarel panggang disini dimana ya gak pernah nemu...=(

    ReplyDelete
  3. Mbak Adi, kalau main ke St Louis ada kayanya di Global Market, dibagian Frozen, kalau enggak salah loh mbak. Maaf Mbak Agnes, malah ngobrol di sini.

    ReplyDelete
  4. Waahh emang keliatan enak banget, dimakan pake nasi panas2 top markotop deehhhh

    ReplyDelete
  5. Wadoh jaooh banget kudu ke st. louis dulu..=). thanks infonya mbak Pungki. Saya nunggu rantangan dari bunda Agnes aja deh...

    ReplyDelete
  6. waaaagh yang ini mau mauuuuu juga ....
    nuhun resep nya ya teh

    ReplyDelete
  7. Ngiler mbak.... coba tetanggan....

    ReplyDelete
  8. Ooo...ini kalo di Sunda mirip-mirip bumbu cobek ya hanya ikannya gurame atau ikan Mas

    ReplyDelete
  9. bari ngarumpi tah eta tah koncina biar tambah enak hehe

    ReplyDelete
  10. pake ikan apa aja bu adi asal panggang pasti enak deh, met hunting ya bu :-)

    ReplyDelete
  11. hehe gpp lg mba info buat aku jg nih kali aja someday kesono wuadoh kejauhan deh hehe

    ReplyDelete
  12. tinggal dicoba ya wi, aplg klo di jakarta pasti ada iwak panggang asli, wah enak banget lg tuh:-)

    ReplyDelete
  13. sip tinggal nunggu laporan dari chandra nih :-)

    ReplyDelete
  14. emang klo tetanggan aku mau kirim wid, klo lg pelit engga lo hehe tp aku mah baek hati dan tidak pelit ko wit sok atuh tetanggan yuk hehe

    ReplyDelete
  15. nah iya kali mba, aku malah belum pernah makan yg ala sunda mah, ntar kirim2 klo bikin ya mba hehe

    ReplyDelete
  16. Mbak, resepnya Jes ambil yach buat Salamaa....ma kasih sebelumnya!

    ReplyDelete