Friday, August 10, 2007

Cordoba, La Mezquita, Senin, 30 Juli 2007




La Mezquita, termasuk mesjid ke-3 terbesar di dunia, dekorasinya betul-betul membuat decak kagum. Kita bisa belajar tentang kerukunan beragama juga dari cerita-cerita sejarahnya. Awalnya mesjid Cordoba ini adalah sebuah gereja, St VIncent, yang lalu dibuat mesjid oleh raja Abdurrahman I. Pilar-pilar untuk membangunnya pun bekas ngambil dari bangunan-bangunan gereja. Ide untuk membentuk arch dengan loreng merah-putih khas La mezquita muncul karena pilar itu kurang tinggi. Jadilah arsitek pada masa itu mikir gimana caranya biar bisa lebih tinggi, dibuatlah jadi lengkung-lengkung yang unik dengan bata merah-putih selang-seling. Jadinya artistik banget. Kami ketemu sama dua cowo muslim dari London, saking kagumnya mereka sampe bilang,"Amazing! Incredible!" Ck..ck..ck..gitu katanya.

Abdurrahman II di tahun 900-an kemudian memperbesar mesjid itu. Selanjutnya diperluas lagi oleh Al Hakam II. Oleh Al hakam II bahkan dibuat Mihrab yang elegan di tengah, penuh dengan mozaik biru-merah-kuning emas. Katanya bikinnya juga kerjasama sama Kristen. Setelah Al Hakam II, mesjid diperluas lagi oleh Al Mansyur sehingga bertambah luas. Tapi dekorasi atapnya minim dan mihrab malah jadi ga ditengah, lucu deh.

Karena sekarang jadi catedral, bangunan ini tampak unik banget, mesjid tapi ada catedral ditengah-tengahnya. Di masa kejayaan Islam Andalucia dulu, Islam, Kristen dan Yahudi bersatu saling menghargai, akur deh pokoknya, contoh yang baik. Tapi sayang habis itu orang Islam hampir tak bersisa disana.

18 comments:

  1. INi di dalamnya ya mba? Cantik ya..... megah....

    ReplyDelete
  2. jadinya ini mesjid masih berfungsi, Mbak Agnes?

    ReplyDelete
  3. Ini bukan utk menyalakan loncneg gereja ya?

    ReplyDelete
  4. subhanallah cantik sekali mbak, masih berfungsi?
    btw saya dah nyoba resep gepuknya sampe berkali-kali loh mbak, tx ya...

    ReplyDelete
  5. Senangnya liat pasangan kompak spt Mba ini, mudahan samara terus ya Mba sayang :-)
    Koleksi photo2nya, oh ya Allah! Sampe speechless aku Mba :-) si Mas tambah jago aja motretnya, ck ck ck....

    ReplyDelete
  6. aik kemapa??diajak jalan2 ko bete?...
    tenang2 entar ayah beliin mainan buat aik

    ReplyDelete
  7. Iya mba ini dalemnya, cantik memang, ga kebayang aja ratusan taun lalu orang bisa bikin begini, hebat ya :-)

    ReplyDelete
  8. Ga mba dian, sejak org Islam kalah, trus jadi catedral sampe sekarang, org sana mah bilangnya catedral, tp sebagian bilang mesjid, bingung kan hehe

    ReplyDelete
  9. Hiyaa bener! 100 buat mba dian hehe, aku malah lupa :-)

    ReplyDelete
  10. Masih berfungsi sebagai catedral mba :-) Wah syukur deh klo gepuknya diminati, dah jago bikin dong mba, bisa jadi pedagang gepuk hehe, aku malah jarang bikin.

    ReplyDelete
  11. Amin ma, tx doanya ya :-) Duuh ima segitunya, lebih jago ima lah soal motret mah, suamiku baru pemula banget ma :-)

    ReplyDelete
  12. Hehehe bete sa gara-gara ayahnay foto-foto terus, maklum deh lagi tergila-gila motret tuh suamiku, memperbudak kamera baru ceunah hehe

    ReplyDelete
  13. Waaa mba....indah banget.....dewi nyesel...ga sempat ke Cordoba kemaren....tapi gpp deh..mungkin belon rejelinya...suatu saat kali...amin....

    ReplyDelete
  14. Iya wi kudu balik lagi kali, honeymoon ke berapa belas gitu pan asiik hehe. Aku juga niat neh :-) Amiin doaku menyertaimu deh :-)

    ReplyDelete
  15. Sedih ya melihat sisa-sisa kejayaan Islam Andalusia...

    ReplyDelete