Wednesday, August 8, 2007

Granada, Sacromonte (Museum Gua Gypsi), Sabtu, 28 Juli 2007




Untuk masuk ke museum berbentuk gua, yang ratusan tahun lalu dihuni oleh para gypsi ini kami harus naik bus no 34 dari Plaza Nueva. Bis ini ada tiap jam, menit ke 27. Hanya dalam waktu 15 menit kami sudah sampai di Sacromonte. Untuk masuk ke museum, jalannya nanjak banget, banyak naik tangga, mana puanas pulak. Tapi untungnya anak-anak tetap semangat. Mereka semangat cari misi masing-masing, juga penasaran sama gua gypsi kali ya. Bayar masuk museumnya 4 euro per dewasa. Anak-anak gratis. Tapi worthy lah untuk dilihat, sebab kita jadi tau kehidupan keras orang-orang Gypsi masa lalu.

Kaum Gypsi ini asalnya dari gunung Punjab India. Pokoknya perpaduan antara Gypsi dan Arab kemudian melahirkan tarian flamenco yang terkenal itu. Dan ternyata udah mah hidup di gua yang musti naik ke bukit, mereka juga kudu beternak, bikin kerajinan tangan, bikin kain, pokoknya semua-mua sendiri. Selain itu bentuk gua yang dijadikan rumah ini memang unik dan lucu, mungil-mungil. Anak-anak juga jadi liat cari bikin baju dari ulat sutra. Dari atas museum pemandangan ke Alhambra dan Albaicin juga cantik banget. Lalu pas turun ke bawah kebetulan kami boleh masuk ke gua orang Gypsi yang dijadikan tempat buat show flamenco. Ternyata gua untuk pertunjukan itu dihias unik banget, cute banget deh, berasa ada di dunia laen bener cieh.

10 comments:

  1. Kebeneran mo nulis resensi sebuah novel tetralogi dr Tariq Ali "bayang-bayang pohon delima" yg bercerita ttg saat-saat akhir muslim Andalus dan Gharnata (Granada)

    ReplyDelete
  2. bun, dirimu tambah cantik aja dan langsing euy!

    ReplyDelete
  3. Wawawawawawaw...........
    *mau itinerary nya mbaaaaaaaaaaaa* boleh kan??? :-p

    ReplyDelete
  4. Wah lagi banyak projek ya teh, sukses ya teh, jgn lupa bagi-bagi resensinya ya :-)

    ReplyDelete
  5. Sacromonte nama desanya disana, klo sacramento pembaptisan ya mba klo ga salah, emang rada mirip nih istilahnya :-)

    ReplyDelete
  6. Waduh mba ini bikin geer aja deh hehe. Tx ya mba, klo foto mah pan emang ditampilkan yg bagus2, padahal tida sesuai aslinya tuh hehe. Klo langsing badan sih iya mba, tp perut tetep aja ndut :( pada ketipu deh pkknya hehe

    ReplyDelete
  7. Duuh buat ima sayang apa sih yg ga boleh hehe, boleh banget dong ma, pkknya tinggal kontak aja ya :-)

    ReplyDelete
  8. Iya li kebeneran banget boleh liat ruanganya, pdhal mestinya kudu nonton n bayar 15 euro per orang tea loh, rejeki dah hehe

    ReplyDelete