Sunday, August 12, 2007

Cordoba, Museo Andaluci dan Jewish Quarter, Selasa, 31 Juli 2007




Sebetulnya banyak bener tempat-tempat cantik di Cordoba, sayang deh waktu terbatas. Trus sayang juga Roman bridge yang menghubungkan La Mezquita dan Calahorre Tower lagi dibetulin, padahal klo engga pemandangannya keren banget. Di calahorre Tower ini ada museum Andalucia. Museum ini bener-bener beda deh, nuansa Islam nya kerasa bener. Selain itu juga pesan yang disampaikan dari situ kira-kira ingin menyampaikan betapa di abad ke-12 dulu, 3 agama, Kristen, Yahudi dan Islam bisa bersatu dan akur. Kita bisa dengerin nasehat bijak dari Maimonides (tokoh Yahudi), Averous, Ibn Al Arabi (tokoh Islam) dan Alfonso X (tokoh kristen). Mereka hidup di jaman yang sama tapi akur, gitu deh kira-kira. Malahan kita bisa dengerin suara adzan di museum ini. Bikin kasuat-suat ihiks.

Belakangan aku tau kenapa museum ini kental nuansa Islamnya, pas di Casa Andaluci (contoh rumah orang Andalucia di abad 12), aku ketemu sama Salma, nenek muslimah berkerudung, asal pakistan yang bersuamikan filsuf dari Prancis yang masuk Islam. Ternyata dia yang menggarap projek itu. So ga heran kan.

Selain ke museo andaluci, kami juga ke Jewish quarter, ada synagog dan casa andaluci disana. Sengaja ke synagog, biar anak-anak tau tentang perbedaan agama dan tempat peribadatannya. Selama ini mereka belum tau tentang yahudi soalnya.

No comments:

Post a Comment