Saturday, August 9, 2008

Day 11, Pamukkale




Pamukkale artinya 'cotton castle'. Di foto-foto dalam website pas aku hunting tempat tujuan, tempat ini kayanya indaaaah banget. Tapi ternyata tempatnya ga seindah dalam foto, rada-rada kuciwa soalnya jalan untuk ke tempat ini penuh perjuangan bener Jam 17.30 kami naik bus dari Antalya ke Denizli dulu. Sampe Denizli jam 9 malem, harus nunggu bus Denizli-Pamukkale selama 1 jam. Jam 10 malam mini bus yang umpel-umpelan itu baru berangkat. Busnya butuut banget, berasa di negara antah berantah deh pokoknya karena masuk pelosok-pelosok kota kecil gitu. Setelah sampe di Pamukkale, mau ke hotel bingung, katanya cuma 200 m, tapi tanya orang katanya jauh. Untung ga lama ada mobil khusus dari hotel Venus jemput kami, alhamdulillah ga perlu jalan, karena udah jam 11 malem teler bo!

Tapi ya lumayanlah anak-anak seneng. Hotel Venus yang kami tempati asik meski murah. Pantesan tempat ini jadi hotel recomended no 1 kalo liat review di website-website.

Besok paginya baru kami pergi ke tempat atraksi. Di Pamukkale ini ada air panas dan travertines (a terrestrial sedimentary rock, formed by the precipitation of carbonate minerals from geothermally heated hot-springs, terjemahin sendiri deh artinya puyeng kalo udah urusan sama geologi xixixi).

Untuk menuju tempat ini kami harus jalan cukup jauh dari hotel 2 kilo apa 3 kilo ada kali, dan lagi-lagi problemnya adalah, panaaas! Meski ga sepanas di Konyaalti beach tapi ya panas. Jadi daripada terpanggang matahari, siang-siang kami malah istirahat sejenak di sebuah cafe, lamaa bener istirahatnya padahal pesen makannya cuma dikit hehe.

Yang unik, ada makanan khas daerah Pamukkale, namanya Gozleme, sepertinya bahannya sama kaya bikin kulit martabak, tapi ditambahin daun bawang. Dan bikinnya dengan tangan kosong dong, yang kebersihannya hmm wallahualam bissawab.

Setelah jam dua an barulah kami naik ke traventines. Anak-anak seneng banget berendem disana, berikut ayahnya. Oiya celananya malik yang dijemur hilang, aik sempet nangis karena kehilangan celananya. Tapi anak-anak ya seneng aja karena puas berenang. Hasilnya kulit anak-anakku makin gosong song! Eh lucunya, di tempat ini kami ketemu sama pemilik hotel pas di Antalya, anak-anaknya lucu-lucu montok-montok.

No comments:

Post a Comment