Saturday, August 9, 2008

Day 12-13, Istanbul: Grand Bazaar,Bosphorus Tour dan Kembali Pulang




Grand Bazaar

Siapa yang tak kenal Grand Bazaar di Istanbul? Pasar tradisional yang umurnya sudah berabad-abad ini merupakan salah satu 'covered market' tertua dan terbesar di dunia. Dibangun tahun 1461, Grand Bazaar kini bisa menyedot 250.000 hingga 400.000 pengunjung tiap harinya. Gimana enggak, ada 58 jalan-jalan antar lapak dan 1200 toko! Dijamin seharian baru kelar deh ngelilingin ini pasar.

Uniknya, di pasar ini di setiap blok nya ada mesjid kecil. Mesjid ini terletak di lantai dua, kalo waktu sholat tiba, muadzin akan naik ke mimbar mungil yang menonjol ke arah toko-toko, lalu dia akan adzan. Wah pokoknya berasa di padang pasir deh hehe. Apalagi barang-barang yang dijual disini juga segala macem barang ala Timur Tengah ada. Tentu aja, yang paling banyak ya barang khas Turki, evil eye dibuat berbagai bentuk, mulai dari kalung, gelang, souvenir sampe pajangan rumah.

Kalo ke pasar ini jangan lupa beli Turkish delight, lokum. Enak deh rasanya kaya moci. Dan jangan lupa juga beli apple tea khas Turki. Wuah pokoknya buat yang demen belanja, laper mataaaa!

Hipodrome dan German Fountain

German Fountain hiasan kubahnya baguus banget, paduan kaligrafi warna emas dan biru. Germain Fountain ini merupakan gazebo atau pavilion dan fountainnya dipake untuk wudhu. Bangunan ini dibuat waktu raja German Wilhelm II mau berkunjung ke Turki. Jadi dibuatnya di jerman, satu per satu diangkut ke Turki.

Dari Grand Bazaar kami mampir sejenak ke Hipodrome dan obelix di sebelahnya Blue Mosque. Hipodrome ini dulunya merupakan centernya Istanbul waktu jaman kekuasaan Byzantium dan Constantinople.

Bosphorus Tour

Sebetulnya kami udah males ikut tour ini, karena udah hari terakhir di Turki rasanya udah capek banget. Tapi anak-anak semangat banget. Waktu dari Istanbul mau ke Cappadoccia karena lupa ngunjungin Hipodrome, Aik bilang gini,"Bunda, Aik mau ke Turki lagi, kita belum ke Hipodrome." Yaelah Naak, masih juga hari ketiga di Turki udah pengen balik lagi ke Turki hehe. Ya wes lah daripada nanti ditagih lagi sama Malik akhirnya kami putuskan pergi. Sambil istirahat juga seh, soalnya pesawat kami berangkat shubuh dan kami berencana nginep di airport, jadi ya ngabisin waktu di Istanbul sekalian deh.

Untuk ikut tour ini, kita bisa naik dari pelabuhan Eminonu. Berhubung seberangnya pelabuhan Eminonu ini adalah Yeni Camii, alias mesjid baru yang di sebelahnya terdapat Spice market, jadilah aku mampir dulu di Spice market. Spice market terkenal dengan isinya yang penuh jualah rempah-rempah khas Turki meskipun souvenir dan makanan juga ada.

Yang menjadi highlight di perjalanan Bosphorus tour adalah kami bisa melihat daratan Asia, karena jembatan Bosphorus ini jembatan yang menghubungkan dataran Eropa dan Asia. Kami melewati banyak bangunan-bangunan cantik termasuk istananya raja Turki setelah pindah dari Topkapi Palace, namanya Dolmabahce palace. Kami juga melihat city wall europe-asia, sambil ga jelas juga sih karena udah kecapean.

Setelah ikut Bosphorus tour, kami cobain dinner di deket Eminonu, ternyata mahal dan tidak enak seafoodnya hiks padahal udah ngebayangin seafood ala pangandaran.

Lalu kami cabut ke airport dan mengambil barang-barang yang sudah disimpen di locker airport, berkemas-kemas dan siap-siap tidur. Airport Attaturk tengah malam ternyata ramee banget. Untung anak-anak bisa tidur sambil beralaskan apa aja yang diambilnya dari koper. Pagi harinya sampailah kami di Duesserdorlf lalu kami pun berkereta pulang ke Groningen.

Turki negara yang indah, dan banyak tempat indah lainnya yang belum aku kunjungi, suatu saat yaaa mudah-mudahan ada kesempatan lagi...

10 comments:

  1. duh pengen banget deh kesini sutau saat nanti. btw, nggak pindah kesini kan bu dokter?

    ReplyDelete
  2. keren juga ya Turki...nice pictures mba, I really enjoy it:)

    ReplyDelete
  3. Hehe ga lah mba, skarang aku di amsterdam :-) Ini foto lama yang telat diupload, skarang bela2ain di upload, krn kompi abis crash, sebagian foto2 ilang, jd biar yg ini ga ilang kudu diupload nih :-). Amiiin kudoakan smoga bs kesini mba :-)

    ReplyDelete
  4. Thanks May, Turki keren banget, banyak tempat unik, cobain deh :-)

    ReplyDelete
  5. Nes laporan napak tilas sejarah kebesaran Ottomannya ada gak? (juga sejarah Islam secara umum krn Turki kaya akan ini) di lokasi mana aja itu bisa diexplore?

    ReplyDelete
  6. Di day 3 ada mba, tapi cuma sekilas sih karena harus bikin artikel khusus kalo mau lengkap, pengen sih tp blom sempat. Yang jelas kalo mau explore sejarah Islamnya, wajib ke Topkapi palace, istana raja jaman Ottoman, ada peninggalan nabi-nabi juga disana, trus di daerah itu jg ada Blue mosque dan Hagia Sophia di Istanbul.Wah pasti siap2 mau kesana yaa...ikutttt :D blom kenyang rasanya mba.

    ReplyDelete
  7. angger ih kalian lucu deh...wardrobenya seragam..hidup narsis hehe

    ReplyDelete
  8. hehehe soalnya stl ditilik2 mun teu make baju mecing teh ngarusak pemandangan pisan Ki, lebar pan :-)

    ReplyDelete