Tuesday, August 12, 2008

Day 7, Bergen: Norway in a Nutshell




Day 7: Rabu, 6 Agustus 2008

Hari ini kami habiskan dengan ikut tour ‘Norway in a Nutshell’, sejak jam delapan pagi hingga jam setengah sembilan malam. Biayanya memang cukup menguras kantong. Hmm tapi gimana ya, udah terlanjur sampe Bergen jeh, sayang banget kalo ga ikut. Padahal tawaran tournya sangat menarik. “Uang bisa dicari, tapi kesempatan ga datang dua kali,” prinsip itu kadang berguna banget buatku. Apalagi kalau inget pepatah orang Barat,”Poor man pay twice,” wah tambah-tambah deh aku ga mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Sebab dari pengalaman yang kualami, memang bener juga pepatah ini. Seringkali karena mau ngirit kami melewatkan kesempatan bagus, eeh ga taunya belakangan tetep aja jatohnya biaya ga jauh beda, tapi kesempatan emas malah terbang, sayang kan. Jadilah dengan duit yang sebenernya udah pas-pasan aku pun tetep semangat dunk! J.

“Belum ke Norway kalau belum menjelajahi Fyordnya,” begitu katanya. Dan ternyata buat aku dan suamiku, ga rugi dan ga nyesel ikut tour ini, karena pengalaman yang kami rasakan dan pemandangannya benar-bener spektakuler! Subhanallah deh pokoknya, indah banget. Pemandangan gunung-gunung di Indonesia lewat nih kali. Tour ini memang ga pake guide tour, tapi kami dikasih buku panduan yang isinya sudah menjelaskan tempat-tempat yang akan kami lewati. Hanya sewaktu naik bis dari Gudvangen ke Voss saja, ada guide, yaitu sang supir bus.

Jalur tour kami adalah sebagai berikut:
Bergen-Myrdal-Flam-Gudvangen-Voss-Bergen

Sayang karena cuaca mendung foto-fotonya jadi gelap, hanya beberapa foto yang sempat di edit. Dan cerita lengkap tentang Norway in a Nutshell aku tulis di blog. Dalam perjalanan akhir-akhir ini aku memang berusaha menulisnya dengan lengkap, sebab belakangan entah kenapa aku selalu teringat-ingat kata-kata Pramudya Ananta,”Orang boleh pintar setinggi langit. Tapi kalau tidak menulis, ia akan hilang ditelan jaman.” Wah kalau inget itu nyesel deh, catatan perjalananku yang dulu-dulu ga sempat aku tulis kumplit. Dan sekarang aku sedang mengais-ngais mengumpulkan diary perjalanan yang tercecer untuk kutulis, supaya semua kenangan dan kesempatan yang sudah diberikan Allah padaku untuk melihat banyak negeri ini, tidak hilang ditelan jaman. At least tulisan-tulisan yang kubuat ini membuatku kembali berlatih menulis setelah sekian lama terhenti karena berbagai hambatan. Dan tentu aja aku juga ingin tulisan ini bisa mengingatkan diriku sendiri kan semua kebesaranNya, sekaligus buat dibaca anak cucu gitu loh :-).

11 comments:

  1. waaaah yang ini baguseuy...hijau airnya, pake kameraku sih tak tertangkap:P

    ReplyDelete
  2. Tiap liat sungai di Norway ini..rasanya pengen langsung kecipak-kecipuk dan nyemlung aja deh...main air...hiks, sayang terlalu dingiiiin:(

    ReplyDelete
  3. Waah bagus nih momentnya...sayang terlalu over saturate lagi Om Iiiii :D

    ReplyDelete
  4. Duuh cakepnya anakku !... *kata emaknya masing-masing :D

    ReplyDelete
  5. Duuh cakepnya anakku !... *kata emaknya masing-masing :D

    ReplyDelete
  6. Nisa gayanya selalu cute dan renyah ... *kerupuk kaliii :))

    ReplyDelete
  7. hi hi hi..begini toh caranya biar gambarnya bagus...

    ReplyDelete