Sunday, August 10, 2008

Perjalanan Membelah Skandinavia (31 July - 8 Agustus 2008), Day 1




Liburan summer kali ini betul-betul full buat aku. Baru pulang dari Turki, istirahat rasanya belum kenyang, malah diarynya aja belum selesai semua ditulis, lah tau-tau udah pergi lagi. Hmm gimana ya, tawaran E-travel untuk membelah Skandinavia menarik banget euy, sayang kalau dilewatkan. Pulang-pulang dari Norway baru istirahat dua hari, tau-tau anak-anak besok dah masuk sekolah, bener-bener hari berlalu tanpa terasa rasanya. Dan perjalanan membelah Skandinavia ini seruu! Malah pake ada acara menggelandang tidur di somewhere outthere segala lho. Dan ternyata Norway memang indah bangeet! Ga nyesel deh. Biar kata duit cekak abis-abisan yang penting heppiii hihihi.

Kamis, 31 July 2008
Day 1: Groningen-Aalborg-Hirtshal

Groningen-Aalborg:

Kami berangkat dari Groningen jam 6 pagi. Dengan dress code warna pinky, peserta jadi tambah manis-manis deh (Pede mode on). Perjalanan ke Aalborg, Denmark, sekitar 8 jam. Suasana di mobil selama perjalanan dari pergi sampe pulang lucu juga. Kadang dalam mobil sepi karena peserta pada tidur, hanya terdengar suara irama ngak ngik ngok bergantian dari arah belakang (maap-maap aku ga sebut nama lho xixixi). Kadang anak-anak merengek kelaperan, yang tua juga sama :-). Tapi kadang semua hepi sambil main tebak-tebakan. Kadang suasana heboh (apalagi kalau perut udah kenyang) karena anak-anak ribut sendiri sementara ibu-ibu pun bergosip sendiri, dan bapak-bapak yang duduk di depan juga ga mau ketinggalan, asik ngomongin politik.

Di awal perjalanan, cerita hantu penampakan permintaan Rafdi masih sering kedengaran. Tapi lama-lama para pendongeng kehabisan stok :-). Cerita pun berganti ke cerita lucu-lucuan. Yang paling diminati anak-anak sampe diminta berkali-kali adalah cerita ‘Mbok Bariyah’ ala pak Eko. Berkali-kali diceritain masih aja anak-anak pada ketawa, heran deh hehe. Kadang di dalam mobil ada juga suara-suara nyanyian terdengar, yang kalau suaranya mendadak fals pasti jadi bahan ketawaan :-). Lagu yang menjadi hits di awal perjalanan adalah lagu ‘Ketahuan’ yang dipopulerkan oleh Uyung,”O..O..kamu ketahuan, pacaran lagi dengan dirinya…” Wah semua peserta dan anak-anak pun sampe hapal tuh bagian reff itu hehe. Dan di akhir perjalanan, lagu ‘pocong’ yang bikin anak-anak ketawa kegelian mendadak populer setelah berkali-kali dinyanyikan oleh pak Eko dengan gayanya yang kocak. “Cong pocong pocong pocong, makannya kue pancong.” Nah lho sampe rumah anak-anak masih ketawa dan hapal kalo nyanyiin lagu itu hehe. Seru kaan :-).

Di tengah perjalanan ke Aalborg, kami sempat makan siang di salah satu pom bensin yang ada tempat istirahatnya. Duh asik banget, botram, membuka perbekalan. Menunya pun masih fresh, daging suwir, telor kentang, teri balado dan timun. Hmm yummiii! Orang-orang di sekitar kami sampe pada ngeliatan, “orang kampung dari manakah ini?” gitu kali ya pikir mereka hehe. EGP deh yang penting makan nikmaat!

Aalborg

Kami menjelajahi kota ini tak lama. Hanya sekira 2 hingga 3 jam saja. Disini kami mengunjungi centrumnya tentu saja. Kami sempat beli es krim. Dan dari toko es krim ini lah hutang piutang diantara peserta yang membingungkan berawal. Karena kemudian kami mengunjungi 3 negara berbeda dengan mata uang berbeda, sementara kadang toko atau restaurant tidak menerima maestro card. Maka sering terjadi pinjam meminjam uang. Akibatnya, pusiing deh itung-itungannya hehe.

Kota Aalborg menurutku biasa-biasa aja, lebih cantik Groningen malah. Kami sempat melewati bangunan Jens Bang Stenhus yang letaknya bersebrangan dengan tourist info. Bangunan ini dulunya rumah orang kaya, Jens Bang yang dibangun di abad ke-17. Lalu kami pergi ke arah pelabuhan. Disana ada air mancur dengan anak-anak tangga yang lucu. Setelah kongkow-kongkow sejenak menikmati pemandangan, dan anak-anak sempat main air sejenak, kami balik ke mobil sambil melewati Helligåndsklostret (Monestary of the Holy Ghost). Tempat ini merupakan gereja , dibangun tahun 1431 dan masih digunakan hingga sekarang.

Karena masih ada waktu, kami mampir juga ke kuburan Viking, nenek moyangnya orang Norway yang terletak di daerah Noerresundby, pinggiran kota Aalborg. Awalnya suasana agak mencekam karena pengunjung hanya kami dan beberapa orang saja. Tapi ternyata menarik juga membaca cerita tentang kuburan tersebut. Yang awalnya kami enggan berfoto di tempat itu, laah ujung-ujungnya teuteuup narsis dimana pun kapanpun hehe. Ada sekira 682 makam yang ditemukan ditempat itu pada tahun 1952. Kebanyakan yang dikubur disana adalah para tentara Viking. Malah ada yang dikubur bersama anjingnya. Kuburannya lucu, satu kuburan dikelilingi batu-batu melingkar. Katanya malah ada beberapa mayat yang sudah dikremasi lalu dikubur juga.

Hirtshal dan Naik Ferry Denmark-Norway

Kami sampe pelabuhan Hirtshal sejak jam 8 malem, padahal kapal berangkat masih dua jam kemudian. Tapi antrian mobil memang sudah banyak. Di belakang kami ada sebuah mobil yang juga berasal dari belanda. Dalam mobil itu ada sepasang suami istri dan anjing mereka yang berwarna hitam. Anak-anak asyik maen bola, lalu digonggongin sama anjing. Mereka juga sibuk mencari kepik yang banyak menclok di batu-batu dekat pantai. Setelah sempat makan malam di mobil, sambil menunggu kapal, emak-emak makan kuaci, sampe kulitnya bertebaran kemana-mana. Pas mau sunset, kami juga sibuk foto-foto, berlomba-lomba mendapatkan foto burung.

Kapal brangkat jam 10. Kapalnya keren banget kaya kapal pesiar. Ada supermarket, ada restorant, ada café, ada tempat mainan anak-anak, tempat internetan, dan ada kursi-kursi nyaman di dalamnya. Di luar ruang kapal disediakan kursi-kursi bagus untuk memandang lautan. Pokoknya jauh deh kalau dibandingkan dengan kapal Ferry di Indo. Dan kapal ini bersih bangeet, ga ada bau-bau ga enak (ups ada denk bau kaki orang yang tidur hehe), berikut di beberapa tempat lantainya di alasi karpet tebal, nyaman banget deh. Hii norak ya dakuw, abis pegimane ye, memang baru pertama kali ini sih aku melihat kapal ferry nya orang bule.

Setelah sempat icip-icip chesee cake di cafenya, dan jalan keliling-keliling kapal, kami pun mencoba untuk mencari posisi tidur,dan tidur dengan berbagai posisi. Anak-anak? Sibuk berpetualang, heboh lari-larian dan blas ga tidur sampe kapal mendarat di Larvik jam dua pagi. Hmm..energi mereka emang luar biasa!

61 comments:

  1. dah terbit....wuihh lengkap euyy....:)
    potona kerenn-keren komo nu aya aku mah..hihi

    ReplyDelete
  2. hayyaa blom tidur juga nih ibu ketring, sibuk bikin pesenan nya hehe. Enya atuh kudu lengkap, jang pidongengeun di hari tua, ceilee hihi

    ReplyDelete
  3. maksudna naon tahhh??hahahah.....
    nu penting daku tidur ngenahhhh...te paduli pa adu suku jeng bule...hehehe...karek sadar da pas liat poto ini

    ReplyDelete
  4. mana tahaaaan gayanya semua sampe yg kecil2 ikut gaya juga hehe

    ReplyDelete
  5. utang piutang kita belum bereeeeees euuuuuuuy...hihihihi:D lieur ah.

    ReplyDelete
  6. cuma Klara yang berani, soalnya cuma dia yang lucu dengan gaya itu..hehehe:D

    ReplyDelete
  7. gaya melepas rasa pegaaaal..., ada Rafdi di belakang pantat emaknya...hehehe..lucuu:P

    ReplyDelete
  8. Aiiih..cantik sekali yah pasukan pinky ini:P *pededotcom*

    ReplyDelete
  9. sampe sekarang ge belum diitung da ..lieurr kenehhh....
    moga2 weh E-travel lupa ngitung jd di gratisin..hihi

    ReplyDelete
  10. pertama ragu-ragu...setelah itu gak peduliiiiiiiii lagi, tetep narsis di kuburan juga...kita ini mengerikan yah??!!:P

    ReplyDelete
  11. uhmmmm...lekkeeeeeeeer.....jadi pengen balado teri lagi euy....bikin aaaaah:D

    ReplyDelete
  12. cieleee..pasangan ini gake ada matinyeeeeeeeeeeee deeeh...:P

    ReplyDelete
  13. alamak mbak Agnes ....bener-bener pemanfaatan bagasi secara optimal :-D

    ReplyDelete
  14. itu truk bergambar Rambo mau buat angkut bagasi ya? :D)

    ReplyDelete
  15. Banyak "penampakan" tuh ya. Lagi pada ngapain ya? :D)

    ReplyDelete
  16. Waggg....pantas ku telepon di HP bunyinya bahasa dari planet lain...katanya gak bisa dihubungi..... eh jebul sudah lari maning seka Turki.... Iya deh selamat melanjut istirohaaattt yaaa.. saat anak-anak sekolah, masih bisa tedur dulu...

    ReplyDelete
  17. Lha diriku dirumah tanpa sadar jadi ikut bersenandung "Buteeeeeeeet...." :)))))
    beneran ! sambil cuci piring lagi kekekek

    ReplyDelete
  18. Duh itu lagi Pocong..jadi nge-trend gitu...p

    ReplyDelete
  19. Kok poto-poto keluarga dengan berbagai gayanya gak diterbitkan sih hehehe...

    ReplyDelete
  20. Wah gawat Nis, foto ini jangan sampai diliat si Aa, ntar E-Travel katempuhan euy :))))

    ReplyDelete
  21. hihi sayang gelap, coba rada terang, aa bakal mencurigai meureun hehe

    ReplyDelete
  22. selingkuhan pertama sebelum si ganteng di skansen ini teh sebenernya mba xixixi

    ReplyDelete
  23. hehe jadi malu, ya begitulah mba, narsis is genetik haha

    ReplyDelete
  24. iya euuuy lieuur, jaba poho deui aku punya utang ke sapa ya, paraah hehe

    ReplyDelete
  25. seruuu euy, kebayang hektiknya baru kelar mesti liburan lagi
    kadang2, kalau terlalu cepet udah mesti jalan2 liburan lagi,saya berasa capek malah, bukan liburan, hiks

    ReplyDelete
  26. iya juga ya, klo yg laen manyun moal dipejeng didieu sigana da memalukan hihi

    ReplyDelete
  27. lain pede uyung, jujur mengungkapkan realita apa adanya ko *maksadotcom* hehe

    ReplyDelete
  28. setujuuu, mari kita berdoa supaya mereka lupa xixixi

    ReplyDelete
  29. hahaha bener-bener sudah kronis nih penyakit narsis kita, apa perlu dibawa ke dokter ahli jiwa hehe

    ReplyDelete
  30. wah ga ada yang beli kali wit, soalnya ada penampakan ga jelas :-)

    ReplyDelete
  31. tp klo lg nyebelin manis nya lgs ilang tante uci :-)

    ReplyDelete
  32. gondrong ya :-) maksudnya mau jadi Aik bing slamet gitu :-)

    ReplyDelete
  33. Iya mba Shan abis gimana ya 11 orang peserta jeh :-)

    ReplyDelete
  34. hehe belum sebanyak itu om bagasi kami :-)

    ReplyDelete
  35. hehehe iya nih bu, parah penyakit doyan jalan kami :-) Pulang-pulang tepar cucian numpuk rumah berantakan, waah seminggu jg ga kelar nih kayanya buat istirahat n beberes :-)

    ReplyDelete
  36. Hihihi banyak korban berjatuhan rupanya :-)

    ReplyDelete
  37. Iya nih gara-gara pa sopir :-) Layak dijadikan lagu kebangsaan E-travel nih kayanya lagu ini pa Eko hehe

    ReplyDelete
  38. hehe merhatiin euy mba ine. Itu edi spesial mba, tunggu tanggal terbitnya ya xixixi

    ReplyDelete
  39. Ehm..klo gitu dpt hadiah utang lunas ya pa eko hihi ngelunjakdotcom :-)

    ReplyDelete
  40. iya juga ya mba, tapi ga tau nih buat kami seru-seru aja, dasar doyan jalan ya hehe

    ReplyDelete
  41. air mancurnya lucu...kalo dari jauh baru keliatan uniknya:)

    ReplyDelete
  42. anak2 pada kuat ya mba...baru 2 hari kelar istirahat langsung masuk sekolah lagi:D

    ReplyDelete
  43. Iya dian, kayanya cuma tempat ini yang lumayan menarik di Aalborg :-)

    ReplyDelete
  44. duuh anak2 mah energinya ga ada habisnya ya, heran, padahal makannya banyakan orang gede hehe

    ReplyDelete