Thursday, August 14, 2008

Last Day, Starven-Larvik-Arhus-Groningen

Day 9: Jumat, 8 Agustus 2008

Starven-Larvik-Arhus-Hamburg-Groningen

Phfuih…akhirnya hari terakhir tiba juga. Kami sungguh kurang tidur pagi ini karena harus segera pergi dari camping park menuju pelabuhan. Kapal ferry kami dari Larvik menuju Denmark akan berangkat pukul 8.00 pagi. Jadi jam 6.00 pagi kami harus sudah berangkat menuju pelabuhan yang letaknya masih sekira setengah jam perjalanan. Ga enaknya tinggal di camping park, kamar berikut peralatannya harus dibersihkan hingga rapi, kalau tidak kami bisa kena denda. Untung saja kami telah bersih-bersih sejak malam hari, termasuk mandi. Dan lagi-lagi, untuk mandi dengan air hangat, kami harus membayar 1 NOK untuk 1 kali mandi. Dengan kartu gesek seharga 5 NOK (untuk 5 orang) kami pun mandi bergantian. Tapi ya ampuun air hangatnya Cuma mengalir sebentar bangeet! Alhasil belum selesai mandi, aku pun berteriak-teriak kedinginan, huaaa!

Setelah sedikit nyasar-nyasar, akhirnya kami tiba juga di kapal ferry. Kapal ferry kali ini ga jauh beda dengan sebelumnya. Bedanya, karena sekarang pagi hari , ada captain kids menghibur anak-anak! Captain kids seorang manusia yang berpakain ala badut captain. Badannya besar, apalagi pantatnya. Dengan topi di kepala, dan mata satunya, sang captain selalu tersenyum sambil memperlihatkan gigi ompongnya. Tapi dia baik, mau berfoto dengan siapa saja, termasuk kami tentunya. Selain itu untuk anak-anak juga diselenggarakan acara membuat balon dalam berbagai bentuk. Anak-anak dikumpulkan, lalu seorang crew kapal membagikan balon beserta alat tiupnya pada anak-anak. Dan si crew ini mengajarkan anak-anak bagaimana membuat anjing dan pedang dari balon. Wah anak-anak seneng banget.

Setelah itu sebagian dari kami tidur, tapi aku dan suamiku berkeliling menghabiskan waktu untuk foto-foto. Aku juga sempat menukar uang Swedia ku di kapal ini, karena Cuma di kapal ini kami bisa menukar uang dari tiga negara (selain di bank tentunya). Dan disini juga kami bisa menukar tax free hasil belanja.

Jam 12.00 siang kapal berlabuh. Kami pun melanjutkan perjalanan dan berhenti untuk makan siang di kota Arhus, Denmark. Kota ini biasa saja, hanya centrumnya yang lumayan menarik. Malah di pinggiran kota, coretan-coretan cat memenuhi bangunan dimana-mana. Setelah puas makan dan istirahat, mobil kami berjalan lagi. Kami sempat mampir sebentar di rumah pak Yayat, familinya mba Ine yang tinggal di Hamburg. Dan ternyata mereka tau aja kalo tamunya kelaparan. Kami disediakan mie goreng euy. Asyik…mie goreng senampan besar pun langsung tandas. Hii laper apa rakus yak J.

Aku terbangun menggeliatkan badan. Jam di tanganku sudah menunjuk pukul setengah dua malam. “Dimana ini?” Waa sudah sampai Groningen! Dan pelayanan E-travel memang hebat tenan, peserta diantarkan door to door ke rumah masing-masing coba! Terimakasih ya E-travel, semoga ga kapok dapat peserta yang sering ngilang karena keasyikan motret seperti kami ini :-). Perjalanan membelah Skandinavia berakhir sudah, hati senang dan perjalanan kali ini pun menjadi pengalaman yang mengesankan. Alhamdulillah!

1. ceileeeee....makin profesional aja model E-Travel yang satu ini:P

2. ini candid lho...aku yang ambil:P jadi sebetulnya mereka lagi ngobrolin apa sih? khusyu banget kayaknya..:P

3. haduuuh wajah kita sudah berminyak semua:p

4. Astagfirullah ! huehehehe...disini rupanya kalian sewaktu kami tidur :))))

5. Iya ini yang 10 menit sebelum kapal berlabuh itu mbak. Hampir ketinggalan, karena lupa deck tempat mobilnya hehehe

6. Subhanallah tetehhh..meni udah prof gitu ya gayana..qi..qi...keren deh

7. mana nyangka lamun ieu ibu ibu..he..he..

8. keren keren foto perjalanannya Nes,
    aku make a wish aaaah, suatu saat nanti bisa ke Utara juga :)