Saturday, August 9, 2008

Day 9, Antalya: Old Town dan Antalya Harbour




Old Town Antalya kota yang cantik. Tapi kalo summer, panasnya maaak, ampuun!
Saking panasnya, di deket Hadrian gates saat itu banyak orang-orangtua kongkow-kongkow cari kesejukan.

Sebetulnya banyak tempat menarik di kota pinggir Antalya. Roman, Byzantine, Seljuk dan Ottoman- architecture serta cultures banyak dijumpai di kota ini. Tapi kami betul-betul ingin menikmati kota old town nya aja. Anak-anak lebih seneng berenang di hotel. Hotelnya meski murah tapi ada kolam renang mungil.

Yang bisa dinikmati di old town Antalya (Kaleici: historical centre di Antalya) sambil jalan kaki:
- Kesik Minare alias broken minaret.
- Hadrian Gates, dibangun pada abad ke 2 M, dijaman Romawi, untuk menghormati raja Hadrian.
- Pasar Antalya
- Clock Tower
- Yilvi minaret, simbol kota Antalya yang letaknya di pusat kota.

Jadi jalurnya dari Hadrian gates, jalan lewat pasar, nanti keluar ujungnya ada patung Atalos II, dari situ keliatan semua deh Yivli Minaret dan clock Tower, karena pusat old Town Antalya ada disitu.

Yang jauh lebih cantik menurutku adalah old harbournya. Pantes kalau old harbour ini sempet dapet award katanya. Perpaduan antara pelabuhan yang bentuknya melengkung, kapal-kapal dan gunung-gunung di kejauhan membuat Antalya old harbour jadi tempat yang menyedot turis.Ada paket-paket perjalanan naik kapal ke tempat-tempat asik di sekitar pantai Antalya, banyak juga resto-resto menjual seafood, tapi mahal bo! Ya pasti lah sebab, tempatnya memang cantik. Pokoknya old town Antalya ini termasuk recomended destination bagi yang suka pantai.

DI tempat ini kami bertemu beberapa orang Turki yang tinggal di Belanda. Ada yang nyetir sendiri 3 hari sama keluarga, ada juga yang naik pesawat. Mereka tentu aja bisa bahasa Belanda dan mengajak Malik dan Lala ngobrol bahasa Belanda.

No comments:

Post a Comment